Jumat, 27 Juli 2018

BUDAPEST

RAS MUHAMAD GOYANG PANGGUNG BABEL SOUND FESTIVALOleh Zeynita Gibbons
   Budapest, 21//7 (Antara) - Duta  Reggae Indonesia, Ras Muhamad  bersama artis reggae Jerman Marco "Toke" Alexandre berhasil menggoyang panggung Babel Sound Festival di salah satu kota di pesisir danau Balatongboglar, sekitar dua jam dari kota Budapest, Hungaria Jumat (20/7) malam.
        Penampilan penyanyi Reggae Indonesia dengan diiringi Budapest Riddim Band yang dipimpin Krisztina Kottmayer dibuka Ras Muhamad dengan melantumkan lagu "Peace in Liberia/Give Praise", "Learn & Grow" dan "Farmerman".
        Energi penyanyi kelahiran Jakarta itu berhasil membakar semangat penonton saat melantunkan lagu "Lion Roar" yang ikut menyanyi dan dilanjutkan dengan album video klip terbarunya  berjudul "Bambu Keras" diikuti "Emansipasi" serta "Flight of Ananta".
        Penampilan yang sangat indah dan sangat menarik, "its amazing," ujar Iringo salah satu penonton kepada Antara London usai pertunjukkan yang disaksikan sekitar seribu penonton yang sebagian besar warga Hungaria yang tengah berlibur di pinggrir danau Balaton.
        Iringo mengakui penampilan Ras Muhamad dan Marco Alexander ini tidak saja berhasil menghibur penonton  tetapi juga merupakan suatu hubungan sosial dan budaya yang sangat indah antara Hungaria dan Indonesia.
        "Saya berterima kasih untuk itu, 'Thanks you Indonesia, its beautiful and  its amazing'," ujarnya.
        Kemistri diantara kedua penyanyi raggae tersebut terlihat saat keduanya membawakan lagu "Open the world". Sementara Toke membawakan single terbarunya "Blessed Morning", dilanjutkan  "Pathway outta Babylon" sambil menyapa penonton untuk ikut bernyanyi.
        Ras Muhamad secara perdana membawakan "Pretty Girl Issues" dan lagu berbahasa Indonesia "Salam" dan mengajak penonton  bersama-sama mengucapkan salam dalam bahasa Hungaria 'szia.
        Selama lebih dari satu jam pertunjukan yang berhasil menghibur pengunjung  termasuk Dubes RI di Budapest, Wening Esthyprobo yang memenuhi kota wisata Balaton yang berada dip inggir danau Balaton, yang menjadi tempat acara Babel Sound Festival yang digelar untuk ke delapan kalinya dengan berpindah-pindah tempat di sepanjang pesisir danau Balaton.
        "Mereka sangat profesional dan saya sangat menikmati penampilan meraka berdua," ujar advicer di kamar dagang Hungaria Aniko Novak kepada Antara usai pertunjukan yang berakhkir tengah malam.
        Sementara itu Jozi, warga Budapest, yang menjadi staff di KBRI Budapest mengakui penampilan Ras Muhamad dan Marco sangat profesional seharusnya mereka berdua tampil di Budapest Park dimana musisi dunia sering manggung, ujar Jozi
    Marco Toke Alexandre, cucu dari Rais Abin kepada Antara London, Sabtu mengakui bahwa ia baru pertama kalo manggung di Hungaria dan merasa senang meliat antusias penonton yang sangat besar. "Saya tidak menyangka begitu tinggi nya antusias penonton dengan musik yang kami bawakan," ujar Marco yang berayahkan asal Padang dan ibu Jerman.
         Sementara itu bagi Ras Muhamad, penampilannya di Budapest bukan yang pertama kali sebelum tampil di Babel Sound Festival.  Ras Muhamad pernah tampil di Budapest Durer Kert, dan  tampil di  Basementfestival ,Komarno di Slovakia serta Summerjam, Festival Reggae terbesar di Eropa awal Juli lalu.
         Manajer internasional Ras Muhamad, Iyunk kepada Antara London, menyebutkan nama Ras Muhamad sedang hangat-hangatnya dibicarakan bukan hanya di publik tanah air tetapi juga di skena Reggae global.     Ia baru saja tampil di Summerjam, Festival Reggae terbesar di Eropa yang menarik 80,000 penonton tepatnya di Cologne, Jerman pada 7 Juli 2018.
        Penampilan Ras Muhamad sebagai bintang tamu bersama Toke, seorang artis Jerman berdarah Indonesia sangat memukau penonton dengan tembang-tembang berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.   Hal ini menunjukkan karya putra bangsa sanggup diapresiasi dan diterima  oleh masyarakat Eropa dan sekitarnya.
        Menggunakan momentum prestasi Ras Muhamad tampil di Summerjam,  ia rilis video klip berjudul ¿Bambu Keras¿ yang telah lama ditunggu-tunggu oleh fans Ras Muhamad.  ¿Ku bilang ku setangguh Bambu Keras¿ ujar Ras Muhamad di awal lagu dan video, yang menggambarkan bahwa jiwa seninya sangat tangguh.   Ras Muhamad menyatakan  video klip ¿Bambu Keras¿ semata-mata ditujukan untuk menonjolkan karya seni murni bukan ditargetkan untuk masuk chart.

        Menurut rencana kedua penyanyi Raggae Indonesia yang senang mengenakan baju Batik juga akan tampil dalam  festval reggae terbesar di Hungaria bersama musisi reggae dunia yang tahun ini akan diramaikan  dengan penampilan putera Bob Marley, Julian Marley dalam acara Reggae Camp Festival yang akan digelar di Kota Cegléd pada 27 Juli 2018.(ZG)****4****

(T.H-ZG/B/Subagyo/C/Subagyo) 21-07-2018 16:37:58

Tidak ada komentar: