Sabtu, 14 Juli 2018

IZHAR

PELAJAR AL-IZHAR PROMOSIKAN SENI BUDAYA DI INGGRISZeynita Gibbons


      London, 11/7 (Antara) - Dutabesar RI di London Rizal Sukma memberikan penghargaan kepada 24 Pelajar Al-Izhar Pondok Labu, atas upaya mempromosikan seni budaya Indonesia di kompetisi Llangollen International Musical Eisteddfod yang diadakan di kota kecil Llangollen, bagian utara Wales, Minggu lalu.
         Penghargaan Dubes Rizal Sukma disampaikan saat pelajar bertandang ke gedung KBRI London  yang disambut Ibu Hana Satriyo  Isteri Dubes Rizal Sukma, demikian Pensosbud KBRI London, Maradona A. Runtukahu kepada Antara, Rabu.
         Tim misi budaya dari Sekolah Al-Izhar Pondok Labu, Jakarta  sebagai wakil tunggal Indonesia berhasil merebut gelar juara masing-masing kategori yaitu Juara 1 pada kategori C1: Traditional Folk Dance Group, Juara dua  kategori C4: Cultural Showcase dan Juara 3 kategori C2: Choreographed/Stylised Folk Dance Group dalam kompetisi Llangollen International Musical Eisteddfod  dan mengibarkan bendera Merah Putih yang diadakan di kota kecil Llangollen, bagian utara Wales.
         Festival Budaya Antarbangsa Llangollen International Musical Eisteddfod sebagai salah satu ajang pagelaran musik dan tari bergengsi dunia berlangsung untuk ke-71 kalinya. Setiap tahun, festival menghadirkan tidak kurang dari 50 Negara peserta dengan jumlah kontestan berkisar 5000 orang.
        Selama hampir seminggu, sekitar 50,000 penonton lokal dan internasional memadati pekan festival serta mengunjungi kota kecil bernuansa alam perbukitan di kota kecil Llangollen, bagian utara Wales.
         Tim Al-Izhar juga berhasil  menyabet penghargaan The Dance Champion of Lucille Armstrong Award 2018 sebagai Tarian terbaik dari  pemenang kategori C1, C2 dan C3.
          Mewakili Dubes LBBP RI London, Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya, Thomas Siregar menyampaikan apresiasi dan ucapan Selamat atas prestasi membanggakan yang telah dicapai  tim Al-Izhar, Pondok Labu Jakarta. Prestasi ini telah mengangkat tinggi nama Indonesia di panggung internasional melalui promosi seni dan budaya.   
      Lebih dari itu, capaian ini merupakan modalitas bagi para pelajar dalam meniti masa depan baik di bidang kesenian maupun di berbagai bidang lainnya.
           Melalui kompetisi diharapkan para pelajar dapat membuka wawasan yang lebih luas dan membawa pulang nilai-nilai yang positif dari budaya bangsa lain guna membangun bangsa Indonesia yang besar dan bermartabat.
          Inilah investasi berharga yang akan dirasakan manfaatnya di masa yang akan datang, ujarnya.
           Ibu Hana Satriyo  Isteri Dubes Rizal Sukma  turut menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang dicapai  pelajar.
          Sebagai global citizens  dikategorikan sebagai generasi milenial generasi muda zaman kini dituntut untuk turut mengambil peran aktif sebagai duta bangsa yang mampu mempromosikan Indonesia di panggung Internasional.
          Ajang Festival Llangollen merupakan salah satu media yang luar biasa untuk mempromosikan Indonesia melalui seni musik dan tari dan kemenangan yang telah diraih merupakan pengakuan dari dunia Internasional akan kehebatan budaya bangsa Indonesia.
         Hal ini kiranya sejalan dengan visi dan misi Perwakilan RI di London yang selalu mendorong dan memberikan dukungan atas upaya promosi budaya Duta Bangsa di berbagai bidang.
          Tim Al-Izhar  mengucapkan Terima kasih atas dukungan berbagai pihak, utamanya Pemerintah RI melalui Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Perwakilan RI di London.    
     Perwakilan orang tua murid, menyampaikan  kerja keras para siswa yang berlatih selama lebih dari 50 kali selama periode 6 bulan, untuk membawakan penampilan yang terbaik dan tantangan  mencapai prestasi lebih tinggi.
          Tahun sebelumnya SMA Al-Izhar untuk pertama kali tampil di Llangollen dan berhasil meraih juara 2 untuk kategori Dancing in the street.
            Syukur kepada Tuhan YMK kerja keras pelajar membuahkan hasil yang membanggakan bagi sekolah, mimpi dan harapan para orang tua dan lebih dari itu mengharumkan nama bangsa Indonesia di panggung internasional.

           SMA Al-Izhar juga berkomitmen  kembali berpartisipasi pada kompetisi Llangollen tahun 2019 dan bisa prestasi lebih tinggi lagi. (ZG)****4****
(T.H-ZG/B/Y. Ali/Y. Ali) 11-07-2018 20:03:11

Tidak ada komentar: