Jumat, 27 Juli 2018

VATIKAN

DPR APRESIASI PROMOSI KEBERAGAMAN DI VATIKANOleh Zeynita Gibbons

    London, 24/7 (Antara) - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat memberikan apresiasi kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Vatikan atas promosi nilai-nilai keberagaman Indonesia di Vatikan.
         Ketua Delegasi Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari dalam kunjungan kerja ke KBRI Vatikan, seperti disampaikan Pensosbud KBRI Vatikan Wanry Wabang kepada Antara London, Selasa, mengharapkan pentingnya peningkatan komunikasi dan kerja sama antara Indonesia dengan Tahta Suci Vatikan, terutama di bidang agama dan kemanusiaan.
         "Kami mengapresiasi tugas dan program prioritas KBRI Vatikan, terutama dalam mempromosikan nilai-nilai pluralisme Indonesia," katanya.
         Kunjungan kerja ke KBRI Vatikan, katanya, dalam rangka tugas pengawasan dan pengendalian yang diemban Komisi I DPR.
         Fokus kunjungan itu menyangkut pendalaman pelaksanaan tugas dan fungsi KBRI Vatikan, baik tentang kelembagaan, anggaran, sumber daya manusia, program prioritas, maupun efektivitas diplomasi RI di negara akreditasi.
         Duta Besar RI untuk Tahta Suci Vatikan, Antonius Agus Sriyono, menjelaskan berbagai hal terkait dengan struktur organisasi, anggaran, program perlindungan dan pemberdayaan WNI, perkembangan kerja sama Indonesia-Vatikan yang menonjol pada 2017-2018, seperti kegiatan dialog antaragama dan peresmian Taman Borobudur di Museum Vatikan, serta seminar terkait dengan kelapa sawit.
         Selain itu, Agus juga menyampaikan bahwa Pemerintah Vatikan  menghargai keberagaman Indonesia dengan berharap Pancasila dapat dicontoh oleh negara-negara lain.

         Pada akhir sesi diskusi, Dubes Agus juga sempat membacakan hasil Deklarasi Roma yang dikeluarkan 45 peserta Dialog Antaragama Masyarakat Indonesia di Eropa yang diselenggarakan di Roma pada 30 Juni lalu. ***4*** (ZG)

(T.H-ZG/B/M.H. Atmoko/M.H. Atmoko) 24-07-2018 21:02:24

Tidak ada komentar: