Rabu, 11 Juli 2018

SLOWAKIA

IPB - SLOWAKIA JALIN KERJA SAMA PENDIDIKAN RISET DAN SAINZeynita Gibbons

   London, 1/7 (Antara) - Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalin  kerja sama dengan lembaga pendidikan dan pusat penelitian di Slowakia dan ditandatanganinya MOU Slovak University of Agriculture (SUA) di Nitra dan Slovak Academy of Science (SAS) di Bratislava.
        Dalam kunjungan kerjanya ke Slowakia, Rektor IPB Dr Arif Satria selain melakukan penandatanganan MOU dengan Slovak University of Agriculture (SUA) dan Slovak Academy of Science (SAS) juga mengadakan pertemuan dengan National Agriculture and Food Centre (NAFC) di Bratislava.
        Counsellor Pensosbud KBRI Bratislava,  Lely Meiliani kepada Antara London, Minggu, mengatakan serangkaian kesepakatan dan pertemuan tersebut merupakan rangkaian kunjungan Rektor IPB ke berbagai universitas mitra IPB di kawasan Eropa untuk mengembangkan kerja sama di bidang pendidikan, research and science. Selain itu  untuk pengembangan biji gandum tropis dan laboratorium agar produk ekspor Indonesia dapat sesuai dengan standar internasional.
           Dubes RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso, menyambut baik kunjungan IPB yang pertama kalinya dan berhasil tercapai beberapa kesepakatan dengan mitranya di Slowakia. Dikatakannya kesepakatan tersebut harus diimplementasikan secara nyata. KBRI akan membantu pengembangan kerja sama antar lembaga pendidikan karena merupakan salah satu mandat dari Sembilan Prioritas Kerja Sama Bilateral antara Indonesia-Slowakia.
           Dr. Arif Satria menyampaikan bahwa kerja sama dengan lembaga pendidikan di Slowakia merupakan yang pertama kalinya IPB dengan negara di kawasan Eropa Tengah/Timur.
        Menurutnya, IPB melihat peluang untuk pengembangan kerja sama di bidang researcher/scholar exchange, joint research/seminar/publikasi. Isu yang dikerjasamakan tidak hanya pertanian tetapi juga biomedical research, social research berkaitan dengan lingkungan yang berkelanjutan.
           SUA adalah satu-satunya perguruan tinggi di Slowakia yang mengkhususkan pada bidang pertanian dan memiliki fasilitas research centre yang sangat modern dan lengkap. Universitas ini juga telah memiliki kerja sama dengan Universitas Andalas dan Universitas Gunadarma.
          Sementara SAS adalah badan riset utama pemerintah Slowakia membidangi tiga area riset yaitu yang berkaitan dengan mahluk hidup (life, chemical, medical and environmental science), non mahluk hidup (physical, earth & space, and engineering sciences), dan social sciences and humanities.

          NAFC juga merupakan badan riset resmi pemerintah Slowakia, namun khusus untuk pengembangan teknologi dan inovasi terkait kualitas dan keamanan makanan, peningkatan hasil pertanian dan peternakan, dampak pertanian terhadap lingkungan, dan aplikasi tiset pertanian dan makanan kepada publik.(ZG)***3***
 
Ridwan Chaidir
(T.H-ZG/B/R. Chaidir/R. Chaidir) 01-07-2018 14:00:33

Tidak ada komentar: