Minggu, 13 September 2009

KJRI HAMBURG PERINGATAN NUZULUL QURAN

KJRI HAMBURG PERINGATAN NUZULUL QURAN

London, 14/9 (ANTARA) - Sekitar 200 umat muslim di Hamburg dan sekitarnya memenuhi Aula KJRI Hamburg mengikuti peringatan Nuzulul Qur?an, yang digelar Indonesia Islamic Center (IIC) Hamburg, akhir pekan lalu .

Acara peringatan turunnya Al Quran itu bertema "Meningkatkan keimanan melalui peringatan Nuzulul Qur`an," demikian keterangan dari KJRI Hamburg yang diterima koresponden Antara London, Senin.

Umat Islam Indonesia dengan penuh perhatian mendengarkan ceramah dengan topik "Al Qur'an sebagai Hujjah kebenaran Islam dan semua ajarannya" yang disampaikan Ustadz Sumaryono,M. Sc, karyawan Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional) yang sedang mengambil gelar Doktor di Ludwig-Maxmilians Universitat, Munchen.

Ustad Sumaryono dalam penjelasannya yang menarik memberikan pengetahuan dan meningkatkan keyakinan serta ketaqwaan umat muslimin Indonesia dalam beragama yang ada di Jerman.

Dikatakannya, Al Qur'an merupakan pegangan hidup yang diwahyukan Allah kepada umat manusia dengan perantaraan Nabi Muhammad SAW.

Sebagai petunjuk bagi umat manusia, kitab suci ini membahas berbagai masalah dan aspek kehidupan termasuk ilmu pengetahuan, akhlak, sejarah, tatanan masyarakat, keimanan dan kehidupan akhirat, ujarnya.

Al-Qur'an yang diwahyukan sekitar 1400 tahun yang lalu , antara lain berisi mengenai ketepatan ilmu pengetahuan seperti tentang mikrobiologi, kedokteran, psikologi, geologi, astronomi dan bidang-bidang keilmuan lainnya.

Ustadz Sumaryono,M. Sc, mengingatkan pedoman hidup umat Islam Al Qur'an, harus sering dibaca dan dipahami isi dan arti yang terkandung didalamnya, baik melalui terjemahan maupun dari tafsir Al Qur'an.

Sementara itu, Konsul Jenderal RI, Teuku Darmawan dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan dukung kepada Indonesia Islamic Center (IIC) Hamburg yang telah mengorganisasikan atau menyelenggarakan acara peringatan Nuzulul Qur'an ini.

Nuzulul Qur'an merupakan peristiwa penting bagi umat manusia, karena pada hari tersebut turunnya ayat pertama Al Qur'an, ujarnya.

Konjen Teuku Darmawan mengharapkan peringatan hari-hari besar Islam dan kegiatan-kegiatan pengajian rutin baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, akan dapat meningkatkan ketaqwaan dan keimanan umat Islam Indonesia di Hamburg dan sekitarnya.

Selain itu, Konjen Teuku Darmawan juga mengharapkan agar pengurus IIC dapat menjangkau lebih luas lagi umat Islam Indonesia di Hamburg dan sekitarnya yang jumlahnya cukup banyak melalui pengembangan kegiatan.

Acara peringatan Nuzulul Qur'an merupakan bagian dari rangkaian kegiatan kerohanian bulan suci Ramadhan yang diselenggarakan atas kerja sama KJRI Hamburg dan IIC.

Kegiatan kerohanian dilaksanakan setiap Jumat dan Sabtu, meliputi ceramah agama dilanjutkan acara buka puasa bersama dan diikuti Shalat Taraweh.

Para penceramahnya, selain ustadz yang ada di Hamburg, juga didatangkan dari kota-kota lain di Jerman seperti dari Bremen, Hannover, Munchen dan dari kota-kota di Eropa.

Penyelenggaraan acara kerohanian merupakan bagian dari pembinaan masyarakat Indonesia, di wilayah KJRI Hamburg diharapkan akan dapat meningkatkan pengetahuan keagamaan dan keimanannya.

Selain itu, penyelenggaraan acara kerohanian juga menjadi ajang silaturahmi dan mempererat persaudaraan bagi sesama masyarakat Indonesia di luar negari. (U-ZG)***5***

ZG/C/A011)

(T.H-ZG/C/A011/A011) 14-09-2009 07:03:55

Tidak ada komentar: