Rabu, 23 September 2009

ZAKAT MAMPU MEMBERIKAN DUA RIBU BEASISWA

ZAKAT MAMPU MEMBERIKAN DUA RIBU BEASISWA

Jakarta, 23/9 (ANTARA) 0 Guru besar bidang ilmu Fiqh Muqorron, IAIN Ar-Raniry Banda Aceh. Prof. Dr. Tgk. H. Muslim Ibrahim, MA mengatakan dengan uang zakat Universitas Al-Azhar di Mesir mampu memberikan beasiswa kepada lebih dari 2.000 orang setiap tahunnya.

Dalam ajaran Islam, zakat juga memiliki makna sosial sebagai medium untuk memupuk solidaritas antar sesama Muslim dan memperkuat persaudaraan di antara umat Muhammad SAW, ujar Muslim Ibrahim dalam khotbah Idul Fitri yang diadakan di KBRI London.

Menurut pengurus ICMI UK Amika Wardana kepada Antara, Jakarta, Rabu sekitar 500 warga masyarakat Muslim Indonesia di UK merayakan Hari Raya Idul Fitri 1430, bersama Duta Besar RI untuk Inggris Raya dan Irlandia, Yuri Thamrin Octavian.

Selain itu , tampak pengurus kelompok pengajian komunitas Muslim Indonesia di London, pengurus Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM)-UK, Pimpinan Cabang Istimewa Nahdhatul Ulama (PCINU)-UK, ICMI UK.

Dalam kotbahnya Muslim Ibrahim, mengatakan puasa merupakan sarana menyucikan jiwa, dan menyempurakan jiwa yang suci dan Allah SWT mewajibkan bagi setiap Muslim untuk mengeluarkan zakat fitrah di penghujung Ramadhan,
Dalam ajaran Islam, zakat juga memiliki makna sosial sebagai medium untuk memupuk solidaritas antarsesama Muslim dan memperkuat persaudaraan di antara umat Muhammad SAW, ujarnya.

Prof. Muslim Ibrahim menguraikan, Ramadhan adalah wahana penempaan diri. Ibadah puasa yang dijalani kaum Muslimin selama sebulan penuh bertujuan untuk meneguhkan iman dan meningkatkan ketakwaan.

Menurut Muslim Ibrahim, Allah SWT berjanji, bagi kaum Muslim yang menunaikan puasa dengan penuh rasa ikhlas akan terlahir sebagai manusia-manusia fitri bersamaan dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri pada 1 Syawal.

Karena itu, zakat harus dikelola dengan cara yang baik dan dimanfaatkan untuk kepentingan kemaslahatan umat Islam secara keseluruhan.

Sejarah mencatat, dengan pengelolaan zakat yang baik sesuai dengan petunjuk al-Quran dan al-Hadits, pada zaman kepemimpinan Khalifah Umar bin Abdul Aziz tidak ditemukan seorang pun yang layak menerima zakat, karena tidak dijumpai lagi kaum fakir-miskin di dunia Islam pada masa itu.

Selain diperuntukkan bagi kaum fakir-miskin, zakat hendaknya juga digunakan untuk mendukung kegiatan-kegiatan sosial yang memberi dampak pada perbaikan kualitas hidup umat Islam, seperti pelayanan pendidikan.

Hal inilah yang dilakukan di Mesir dalam penyelenggarakan pendidikan di Universitas Al-Azhar. Universitas ini mampu bertahan hidup selama 12 abad, hingga pada masa modern sekarang ini, lantaran ditopang dana zakat.

Bahkan dengan uang zakat, Universitas Al-Azhar secara terus-menerus mampu memberikan beasiswa sampai 2,000 orang setiap tahun bagi pelajar-pelajar yang pandai dan berprestasi dari seluruh penjuru dunia Islam untuk belajar di universitas termasyhur ini.

Menurut Muslim Ibrahim,, bahkan yang unik di beberapa negara Timur Tengah seperti Dubai, Bahrain, Abu Dhabi, Qatar, karena tidak ditemukan lagi orang miskin zakat dimanfaatkan membantu pemuda dan pemudi membiayai perkawinan mereka.

Hal ini mengingat di negara-negara tersebut ma skawin untuk sebuah pernikahan sangat mahal sehingga tak terjangkau oleh kaum laki-laki yang sudah sampai umur untuk menikah.

Banyak hikmah Ramadhan yang bisa dipetik yang dalam ajaran Islam disebutkan, untuk dapat meningkatkan keimanan, seseorang diharuskan terus-menerus belajar untuk menguasai berbagai cabang ilmu, baik ilmu agama Islam maupun ilmu pengetahuan umum teknik, kedokteran, kimia, fisika, biologi, astronomi, dan banyak lagi.

Menurut Islam, ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dapat mengantarkan pada keimanan yang kuat dan mendalam serta makin menebalkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Islam mewajibkan kaum Muslimin untuk belajar dan menguasai teknologi agar dapat mengeksploitasi kekayaan alam: minyak, gas, emas, dan banyak lagi untuk meningkatkan kesejahteraan bagi umat manusia.

Dengan ilmu pengetahuan diharapkan bukan saja dapat menuntun kaum Muslim untuk menjadi insan-insan beriman dan bertakwa, tetapi juga dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan kualitas hidup, demikian Muslim Ibrahim,***5***
(U-ZG)/C/A011
(T.H-ZG/B/A011/A011) 23-09-2009 09:48:24

Tidak ada komentar: