Minggu, 12 Desember 2010

CEKO NATALAN

MASYARAKAT INDONESIA DI CEKO RAYAKAN NATAL

London, 12/12 (ANTARA)- Masyarakat Kristiani Indonesia di Ceko merayakan Natal bersama dengan tema "Kesiapan Hati Menerima Sang Penyelamat," di Wisma Duta Praha, Sabtu.

Kebaktian dipimpin Pendeta Attie van Wagtendonk dari Gereja Salvation Army Praha, ujar Counsellor Pensobudpar, KBRI Praha, Ceko, Azis Nurwahyudi kepada Antara London, Minggu.

Pendeta Attie van Wagtendonk menyampaikan pesan kepada segenap umat Kristiani Indonesia di Ceko bahwa bukan hanya Betlehem yang siap menerima kedatangan Yesus Kristus, tetapi hati setiap umat Kristiani siap menerima sang juru selamat.

Setelah kebaktian, Perayaan Natal dibuka Dubes RI Praha, Emeria Siregar, yang menyampaikan pesan kepada warga kristiani, masyarakat umum dan friends of Indonesia yang hadir pada acara tersebut.

Dubes Emeria Siregar menyambut baik bahwa tradisi merayakan Natal terus dilakukan masyarakat Indonesia di Ceko walau ribuan kilometer jauhnya dari Indonesia, suatu tradisi yang selalu sarat dengan semangat perdamaian dan persaudaraan.

Dikatkannya dengan pengakuan dunia internasional bahwa Indonesia merupakan contoh dimana Islam, demokrasi dan modernisasi dapat berjalan beriringan. Indonesia ditantang untuk mampu menerapkan nilai-nilai demokrasi secara dewasa.

"Perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan yang dapat menjadi potensi konflik merupakan pekerjaan rumah kita, suatu tantangan atas kemampuan kita menghindari konflik-konflik yang tidak perlu," ujarnya.

Diharapkan agar Natal bisa memberi pencerahan kepada umat manusia sehingga dapat mengatasi permasalahan bangsa dan menciptakan perdamaian.

Sementara itu Pendeta van Wagterdonk juga menyampaikan kesannya yang baik atas kegiatan yang dihadiri oleh masyarakat kristiani maupun yang beragama lain.

Disampaikan pula bahwa keberadaannya merayakan Natal di tengah-tengah masyarakat Indonesia merupakan suatu kehormatan baginya.

Selain pesan-pesan Natal, masyarakat juga dihibur dengan hadirnya kelompok vokal dari Folklore Ceko yang menyanyikan sejumlah lagu rohani.

Mattej dan Vojtech menyanyikan lagu ?Tell it to the Mountain? dan tak lupa mengajak anak-anak Indonesia serta Ceko menyanyi lagu bahasa Ceko `Pujdeme spolu do Betlema? yang artinya pergi bersama ke Betlehem.

Suasana gembira semakin memuncak ketika SInterklas hadir di tengah-tengah perayaan, membagikan hadiah untuk anak-anak yang sangat senang mendapat hadiah dari Sinterklas untuk dibawa pulang.***3*** (ZG)

(T.H-ZG/B/S006/S006) 12-12-2010 17:14:26

Tidak ada komentar: