Kamis, 30 Desember 2010

INDONESIA TERBAIK

"GLOBAL EXHIBITION CORPORATION" NILAI INDONESIA TERBAIK 2010

London, 31/12 (ANTARA) - Global Exhibition Corporation (GECO), perusahaan penyelenggara pameran-pameran internasional di Tunisia memberikan penghargaan terbaik kepada represantator Indonesia dalam berbagai pameran internasional di Tunisia selama 2010.

Penghargaan itu diberikan atas keseriusan Indonesia mengikuti berbagai kegiatan dan pameran internasional baik yang diselenggarakan KBRI Tunis maupun bekerja sama dengan mitra dari Tanah Air selama 2010, demikian keterangan pers KBRI Tunisia yang diterima Antara London, Jumat.

Penghargaan tersebut disampaikan Direktur GECO Besma Hmaidi kepada Sekretaris I Ekonomi KBRI Tunis, Boy Dharmawan, di Kantor GECO Tunisa, Kamis (30/12).

Dalam sambutannya pada acara penyerahan penghargaan Hmaidi menjelaskan, penghargaan tersebut adalah bentuk apresiasi terhadap pihak Indonesia yang selama tahun 2010 ini telah dengan sungguh-sungguh berupaya memperkenalkan produk-produk Indonesia pada berbagai pameran internasional di Tunisia.

Hmaidi mengutarakan harapannya agar KBRI Tunis terus aktif berpartisipasi pada berbagai pameran internasional di Tunisia sehingga hubungan ekonomi dan perdagangan RI-Tunisia semakin meningkat di masa mendatang.

Selama tahun 2010, KBRI Tunis berpartisipasi dalam empat pameran internasional yaitu Pameran ke-2 Internasional Food Processing Industry and Services (SIIAS 2010) di Hammamet pada bulan September 2010.

Selain pameran Internasional ke-8 untuk produk pertanian Salon Mediterraneen de l?Agriculture et des Industries Alimentaires (SMEA MED Food) di Sfax, pada bulan Mei , Pameran Pasar Pariwisata Internasional Mediterania atau Marche mediterraneen international du tourisme (M.I.T) ke-16 di Charguia, Tunis pada bulan yang sama.

Indonesia juga berpartisipasi dalam Pameran Usaha dan Budaya di Tunis pada bulan April yang diadakan oleh Junior Chamber Internasional (JCI) Tunisia.

Selain itu, KBRI berpartisipasi dalam dua Bazar Internasional yaitu Bazar Diplomatique pada bulan Desember di Gedung Pameran Internasional Le Kram Exhibition Hall dan Grand Bazar yang diadakan oleh Asosiasi Penyandang Cacat Tunisia (AMT) pada bulan Mei di Roman Theatre of Carthage, Tunis.

Madam Hmaidi mengungkapkan bahwa dalam berbagai pameran yang diikutinya tersebut, pihak KBRI Tunis selalu memperhatikan keindahan dekorasi stand sehingga tampak unik dan menarik para pengunjung.

Stand Indonesia selalu menjadi yang paling ramai dikunjungi dalam berbagai pameran tersebut, termasuk oleh para pejabat tinggi Tunisia seperti Menteri Pertanian, Menteri Pariwisata dan lainnya.

Kunjungan para pejabat tinggi ini menjadikan stand Indonesia kerap mendapat liputan luas dari berbagai media nasional dan daerah. Bahkan pada Pameran ke-2 SIIAS 2010 yang diadakan di Hammamet bulan September, KBRI Tunis hadir sebagai partisipan atas undangan dan pendanaan dari Panitia SIIAS.

Hal ini karena stand Indonesia kerap menjadi ikon pameran dan dianggap mampu menjadi magnet yang menarik minat masyarakat untuk berkunjung. Selain itu, panitia juga menyediakan akomodasi suite room gratis di hotel bintang lima Diar el Medina sebagai apresiasi atas partisipasi KBRI Tunis.

Boy Dharmawan yang kelahiran Jambi mengungkapkan partisipasi KBRI Tunis di berbagai pameran internasional ini adalah implementasi misi Dubes Ibnu Said. Keikutsertaan ini bertujuan memperkenalkan produk Indonesia di Tunisia sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekspor.

Pameran-pameran tersbut juga selalu dimanfaatkan untuk mengupayakan keterlibatan pengusaha kedua negara secara langsung untuk saling bertukar informasi praktis mengenai mengetahui potensi ekonomi dan perdagangan masing-masing negara.

Dharmawan megatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan kado terbaik bagi KBRI Tunis di akhir tahun 2010 ini yang ikut mewarnai momentum peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Tunisia (Tahun 1960-2010). ***4***



(T.H-ZG/B/F002/F002) 31-12-2010 07:57:09

Tidak ada komentar: