Rabu, 01 Desember 2010

KEPALA BKPM

KEPALA BKPM BERUPAYA TARIK INVESTASI DARI CEKO

London, 1/12 (ANTARA) - Delegasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI yang diketuai Kepala BKPM, Gita Wirjawan, menemui sejumlah pengusaha di Ceko dalam rangka menarik minat para pengusaha untuk berinvestasi di Indonesia.


Sejumlah pertemuan dinilai dapat mengubah pandangan pengusaha Ceko yang belum mengetahui kemajuan yang dicapai Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir dan perkembangan iklim investasi di Indonesia, ujar Counsellor Pensosbudpar KBRI Praha, Ceko, Azis Nurwahyudi, dalam keterangannya kepada koresponden Antara London, Rabu.


Pertemuan yang digagas Duta Besar RI Praha, Emeria Siregar, dilaksanakan di Wisma Duta dan mempertemukan Delegasi BKPM dengan konsorsium perusahaan Ceko yang telah melakukan pra studi kelayakan pembangunan Bandara Internasional Kulon Progo, Yogyakarta.

Emeria Siregar berharap, kedatangan seorang pejabat negara RI pada awal masa baktinya sebagai dubes di Praha dapat mendorong dan meningkatkan kerjasama investasi Ceko dengan Indonesia, terutama dalam alih teknologi Ceko yang diakui kepiawaiannya.


Sejumlah wakil dari anggota konsorsium tersebut menjelaskan, perkembangan terakhir yang telah mereka siapkan sehubungan dengan rencana pembangunan bandara di Kulon Progo.


Kepala BKPM menanggapi penjelasan tersebut dengan positif dan akan mengupayakan tindaklanjutnya sekembalinya ke Jakarta.


Untuk lebih menjukkan keseriusan pihak Ceko, Delegasi BKPM juga diundang mengunjungi Bandara Ruzyne Praha melihat infrasturktur bandara dan memperoleh penjelasan tentang teknologi multilateration buatan Ceko sebagai salah satu pengganti radar yang menurut mereka lebih baik, lebih murah dan aman.


Kepala BKPM juga dipertemukan dengan Direktur Keuangan PT Invelt Miroslav Dolezal, yang bergerak di bidang pembangunan pabrik gula. Dolezal menjelaskan, kemampuan perusahaannya dalam membangun pabrik gula dan menegaskan kembali ketertarikan perusahaannya untuk membangun pabrik gula di Indonesia bekerjasama dengan perusahaan lokal.

Pertemuan Delegasi BKPM juga dilakukan dengan Direktur Komersial PT CKD Nove Energo, Stanislav Novotny, yang bergerak di bidang energy.
Novotny juga menjelaskan keinginan perusahaannya untuk bergerak di Indonesia, mengingat perusahaan tersebut juga telah mengembangkan sayapnya di berbagai negara.


Pada setiap kesempatan, kepada para pengusaha Ceko, Kepala BKPM memberikan banyak informasi tentang perkembangan perekonomian Indonesia termasuk iklim investasi yang kondusif.


Kepala BKM dan rombongan juga dipertemukan dengan Duta Besar Hana Mottlova, Direktur Asia Pasifik Kemlu Ceko, dalam acara makan siang bersama.

Pada kesempatan tersebut, Gita Wirjawan juga menyatakan, keseriusannya untuk meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Ceko terutama di bidang ekonomi melalui investasi di berbagai sektor.

(ZG)

(T.H-ZG/B/M012/M012) 01-12-2010 17:53:04

Tidak ada komentar: