Rabu, 29 Desember 2010

NATAL DI DUBAI

MASYARAKAT KRISTIANI INDONESIA DI DUBAI RAYAKAN NATAL

London, 25/12 (ANTARA) - Sekitar 170 orang umat Kristiani yang berdomisili di wilayah Dubai, Sharjah, Abu Dhabi dan sekitarnya merayakan Natal bersama di Gereja Indonesia Dubai.

Upacara kebaktian perayaan Natal bertema "Terang yang sesungguhnya sedang datang ke dalam dunia" itu dipimpin Pastur Indonesia Fabio Olczewski yang berasal dari BGI Surabaya, ujar Sekretaris Pertama PF Pensosbud, Yana Rudiyana dalam keterangan persnya yang diterima Antara London, Sabtu.

Dikatakannya, perayaan kali ini sangat spesial bagi umat Kristiani di Dubai karena merupakan perayaan yang pertama kalinya dilakukan bersama di gereja.

Setelah kegiatan kebaktian berlangsung secara khidmat acara dilanjutkan dengan sambutan Konsul Jenderal RI di Dubai dan wakil jemaat, dan diakhiri dengan acara ramah tamah.

Konsul Jenderal RI Dubai Mansyur Pangeran dalam sambutannya mengatakan makna hari Natal yang dirayakan setiap tahun tidaklah terbatas pada suatu kegiatan yang rutin dan seremonial saja, melainkan mengandung nilai-nilai yang luhur dan mulia.

Diharapkan, perayaan Natal dapat menjadi momentum untuk menyegarkan kembali ajaran-ajaran suci Kristiani dalam kehidupan sehari-hari serta memberikan manfaat yang berguna bagi sumbangsih terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara, ujarnya.

Biasanya umat Kristiani di wilayah Dubai dan sekitarnya merayakan Hari Natal secara bersama di rumah para jemaat secara bergantian.

Sejak tahun ini Gereja Indonesia Dubai telah diakui keberadaannya oleh pemerintah UAE melalui afiliasinya dengan organisasi gerejawi setempat yang diakui pemerintah UAE, yaitu Holy Trinity Church (HTC).

Di bawah naungan HTC, saat ini terdapat sekitar 30 gereja beragam bangsa yang ada di Dubai dengan jumlah jemaat Gereja Indonesia Dubai yang terdaftar sekitar 200 orang.

Sejalan dengan tema perayaan Hari Natal 2010, Pastur Fabio menyampaikan pesan Natal dengan topik "The King".

Secara umum ia menyampaikan pesan untuk memaknai nilai-nilai ajaran Yesus Kristus dan Natal itu sendiri, dalam kaitannya dengan kehidupan sehari-hari umat. Yesus Kristus sebagai Terang itu sendiri membawa pencerahan bagi kegelapan di dunia.

Melalui perayaan Hari Natal setiap tahun, para jemaat diingatkan agar senantiasa dapat memaknai dan meneladani ajaran Yesus Kristus dengan berupaya menjadikan diri mereka sebagai Terang bagi sesama dengan menumbuhkan rasa kepedulian, saling membantu dan mengupayakan kesejahteraan bagi sesama.

Dalam kesempatan tersebut, Konjen Mansyur Pangeran memberikan sambutan yang berisi dukungan atas keberadaan Gereja Indonesia Dubai yang telah diakui Pemerintah UAE melalui afiliasinya dengan organisasi gerejawi di Dubai.

Konjen Mansyur mengharapkan keberadaan Gereja Indonesia Dubai dapat mendorong dan membina persatuan serta persaudaraan di kalangan umat Kristiani Indonesia khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya yang berdomisili di wilayah Dubai dan sekitarnya.

Ia juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas rencana kegiatan sumbangan sosial umat Kristiani Dubai kepada para TKW Indonesia bermasalah yang berada di penampungan KJRI Dubai.

Kegiatan sumbangan sosial tersebut direncanakan akan dilaksanakan pada 16 Januari tahun depan.

(Tz.ZG/C/M016)

(T.H-ZG/C/M016/M016) 25-12-2010 08:34:34

Tidak ada komentar: