Kamis, 09 Desember 2010

RAYAKAN NATAL

MASYARAKAT INDONESIA DI ATHENA RAYAKAN NATAL

London, 10/12 (ANTARA) - Masyarakat Nasrani Indonesia yang ada di Yunani yang tergabung dalam Persatuan Umat Kristen (PERKI) dan Ikatan Keluarga Indonesia di Yunani (IKKIY) merayakan Natal di Aula Gereja St. Andrew International Church, Athena.

Perayaan Natal bertema "Bangkitlah, Menjadi Teranglah, Sebab Terangmu Datang, dan Kemuliaan Tuhan Tebit Atasmu" itu diawali dengan sambutan Duta Besar RI untuk Yunani, Ahmad Rusdi, ujar Sekretaris Tiga KBRI Athena Jani Mediawati Sasanti dalam keterangan persnya yang diterima Antara London, Jumat.

Dalam sambutannya, Dubes berpesan melalui perayaan Natal, masyarakat Indonesia diingatkan untuk hidup dalam damai dan kasih dengan sesama manusia, di tengah keberadaan bangsa Indonesia yang majemuk.

Oleh karena itu, masyarakat Indonesia harus dapat saling menghormati dan toleransi antar penganut agama dan kepercayaan yang berbeda serta mengedepankan solidaritas dan semangat persaudaraan di tengah perbedaan yang ada.

Dengan demikian, kehidupan berbangsa dan bernegara yang makin sejahtera, makin demokratis, dan makin berkeadilan dapat terwujud, ujarnya.

Dubes juga berpesan melalui Natal kali ini, masyarakat Indonesia juga diingatkan akan kesederhanaan, sebagaimana hakekat Natal yang sesungguhnya, terlebih lagi di tengah krisis ekonomi yang menimpa Yunani.

Masyarakat Indonesia yang berada di Yunani dapat lebih bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya supaya dapat tetap hidup layak di negeri rantau tersebut.

Dubes minta masyarakat Indonesia di Yunani juga mengingat saudara-saudara yang ditimpa bencana dan musibah di tanah air seperti Tsunami di Pulau Mentawai, Sumatera Barat, Tanah Longsor di Wasior, Papua, Letusan Gunung Merapi di Jogyakarta, dan Gunung Bromo di Jawa Timur.

Selain berbagi suka cita Natal dengan cara mendoakan dan memberikan uluran tangan untuk membantu mereka.
Dikatakannya tekad dan niat akan merefleksikan apa yang menjadi hakekat perayaan Natal yakni berbagi kasih, suka cita dan kebahagiaan kepada saudara yang membutuhkan.

Acara Natal di penghujung tahun hendaknya menjadi momen yang terbaik bagi masyarakat Indonesia di Yunani untuk dapat merefleksikan apa yang diperbuat untuk diambil hikmahnya serta meningkatkan amal kasih di tahun mendatang.

Diharapkan semua yang hadir dapat menjadi manusia yang lebih berakhlak, serta menjadi penengah dan pembawa damai jika terdapat konflik dan permusuhan.

Tak lupa Dubes menyampaikan bahwa warga Indonesia yang bekerja di Yunani selama ini telah mendapatkan pujian sebagai warga santun dan ramah.

Untuk itu masyarakat Indonesia terus dituntut agar berusaha mengharumkan nama bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan bekerja lebih keras, disiplin, dan tanggung jawab.

Sambutan Dubes ditutup dengan mengucapkan Selamat Hari Natal 2010 dan Tahun Baru 2011 serta kiranya Natal dapat membawa kebahagiaan, suka cita, dan damai sejahtera bagi umat Kristiani.


Kebaktian
Sebelum rangkaian acara perayaan natal ini, di tempat yang sama telah diadakan acara Kebaktian Natal yang dipimpin oleh Pendeta Victor Langkutoy.

Pendeta Viktor datang dari Indonesia untuk memimpin Kebaktian Natal kali ini di Athena, dalam khotbahnya, menyampaikan agar warga Kristiani Indonesia yang tinggal di Yunani dapat memperteguh iman dan keyakinannya serta menjadi terang bagi orang di sekitarnya.

Acara malam hari itu dilanjutkan dengan drama Natal dan persembahan lagu-lagu natal yang dibawakan dengan indah Paduan Suara PERKI dan diakhiri dengan santap malam berupa hidangan tradisional Indonesia yang diiringi kidung-kidung Natal.

Perayaan Natal juga dimeriahkan hadirnya Santa Claus yang membagi-bagikan hadiah kepada anak-anak.

Acara perayaan natal lebih awal karena pada tanggal 25 Desember umumnya warga Indonesia yang bekerja di Yunani ikut dengan majikan untuk bersama-sama merayakan Natal. ***4***
(T.H-ZG/B/F002/F002) 10-12-2010 07:12:02

Tidak ada komentar: