Rabu, 08 Desember 2010

MALAM DANA

PELAJAR INDONESIA DI HAMBURG GELAR MALAM DANA

London, 8/12 (ANTARA) - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Hamburg dan didukung KJRI Hamburg menggelar acara penggalangan dana bagi korban bencana gempa Mentawai, Merapi dan Wasior di Indonesia.

Acara itu dikemas dalam tema "One Night for Indonesia" yang digelar di Ernst-Cassirer-Horsaal, Universitas Hamburg, Jerman, balum lama ini.

Para pengunjung merasa terharu dengan ditampilkannya cuplikan puisi berjudul 'Orkestra Malam' yang diterjemahkan dalam bahasa Jerman, ujar Imam Suwongso dari Konsulat Jenderal RI Hamburg dalam keterangannya yang diterima Antara London, Rabu.

Meskipun udara dingin dan berangin disertai hujan salju yang cukup deras, tidak mengurangi semangat masyarakat Indonesia di Hamburg dan sekitarnya serta masyarakat Jerman di Hamburg untuk hadir pada kegiatan kemanusiaan itu.

Pada malam dana itu juga ditampilkan tari Panyambahan dari Bali, tari Tani dari Jawa Tengah, medley lagu-lagu daerah, permainan musik angklung, dan pembacaan puisi.

Selain itu, juga digelar penjualan beragam kuliner daerah antara lain martabak telor, lumpia, bakmi goreng dan bakso, serta aneka tombola berhadiah cenderamata Indonesia.

Konjen RI Hamburg, Marina Estella Anwar Bey, menyampaikan apresiasinya kepada PPI Hamburg, organisasi masyarakat serta masyarakat Indonesia yang telah mendukung kegiatan ini terlebih kepada pengunjung dan para donatur.

Disampaikannya bahwa bencana yang terjadi di Indonesia diakibatkan karena letak Indonesia yang berada pada lempengan-lempengan bumi yang bergeser. Oleh karena posisi tersebut, Indonesia bisa mengalami 1.000 gempa bumi kecil maupun besar per tahun.

Dikatakannya, penggalangan dana yang dilaksanakan merupakan bentuk kepedulian masyarakat Indonesia di luar negeri pada saudara mereka yang terkena musibah di tanah air.
Konjen menginformasikan sesuai arahan Pemerintah, sumbangan untuk korban bencana alam yang berasal dari pemerintah asing dapat dikirim melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana sementara bantuan dari masyarakat dan lembaga nonpemerintah dapat disalurkan melalui Palang Merah Indonesia.

Pada malam itu dana yang terkumpul mencapai 6.055,55 Euro yang berasal dari penjualan makanan, tombola dan sumbangan dari beberapa perusahaan Jerman, antara lain Komrowsi & Co, Harald Plo? & Co. GmBH, INDOROPA, DIG Hamburg, Masyarakat Islam Hamburg (IIC Hamburg), INSEAC, IKAT-Agentur, Nyama Braya Bali dan KJRI Hamburg.

Sementara itu, pada hari yang sama salah satu organisasi masyarakat Indonesia yang tergabung dalam perkumpulan Kawanua Hamburg telah melaksanakan acara Natal di mana kolekte yang terkumpul sepenuhnya juga disumbangkan pada korban gempa di Indonesia, demikian Imam Suwongso. (Tz.ZG)
(T.H-ZG/B/H-KWR/H-KWR) 08-12-2010 22:25:12

Tidak ada komentar: