Senin, 06 Desember 2010

EKONOMI SYARIAH

MES UK GELAR PELATIHAN EKONOMI SYARIAH

London, 6/12 (ANTARA) - Masyarakat ekonomi syariah (MES) United Kingdom mengadakan pelatihan sehari ekonomi syariah di kota Durham bagi masyarakat Indonesia di Britania Raya.

Kegiatan ini merupakan pelatihan kedua dalam rangka meng-edukasi masyarakat dan mensosialisasikan ekonomi syariah di tengah-tengah masyarakat Indonesia di Inggris, ujar Ketua MES-UK, Rifki Ismail, PhD dalam keterangannya kepada Antara London, Senin.

Ia mengatakan, pada penyelenggaraan pelatihan pertama Maret lalu sebagai pembicara adalah dari pengurus MES-UK sendiri, sementara pelatihan kedua yang diadakan Common Room, Keenan house, Ustinov College-Durham University, menghadirkan dua pembicara kaliber internasional.

Dua pembicara itu masing-masing Dosen Markfield Institute of Higher Education-MIHE Dr.Ugi Suharto dan Prof Habib Ahmed dari Sharjah Chair in Islamic Finance, Durham University.

Menurut Rifki Ismail, Dr. Ugi adalah nama yang tidak asing lagi di tanah air sebagai salah seorang pakar ekonomi Islam yang berkiprah di level internasional.

Doctor ekonomi Islam lulusan ISTAC-International Islamic University of Malaysia (IIUM), Direktur Islamic Finance Program University College Bahrain itu saat ini menjadi dosen senior di MIHE, Leicester, United Kingdom.

Sementara itu Prof. Habib Ahmed adalah salah seorang pakar dunia di bidang Islamic banking dan finance yang lama berkiprah di Islamic Research and Training Institute (IRTI)-Islamic Development Bank (IDB), National Commercial Bank of Saudi Arabia, dan saat ini mengajar di Durham University.

Doctor ekonomi lulusan University of Connecticut (USA) yang karya-karya ilmiahnya banyak ditemukan di journal-journal international ini pun memiliki segudang pengalaman mengajar antara lain di National University of Singapore dan University of Bahrain.

Rifki, yang menjadi ketua penyelenggara pelatihan mengaku pelatihan kali ini terbilang cukup sukses walau sempat terkendala pengaruh cuaca dingin dan timbunan salju yang masih menyelimuti seantero UK.

Pelatihan diikuti 12 peserta berasal dari kota Durham, Newcastle dan sekitarnya, yang mayoritas adalah mahasiswa PhD dan memiliki latar belakang pendidikan yang beragam seperti ekonomi, bisnis, electrical engineering, informatic engineering, dan Teknologi Informasi.

Pada kesempatan itu, Dr. Ugi menyampaikan materi tentang hakikat ekonomi Islam, epistemologi ekonomi Islam, maksud dan tujuan mempelajari ekonomi Islam serta hubungan ekonomi Islam dalam bangunan agama Islam dan ilmu ekonomi secara keseluruhan.

Sementara itu Prof. Habib menyampaikan materi tentang Islamic financial market khususnya sukuk yang merupakan instrument paling popular di Islamic finance dan banyak dipelajari kalangan akademik di negeri-negeri muslim maupun non muslim saat ini.

Struktur sukuk Ijarah, sukuk Mudarabah, sukuk Musharakah, hybrid sukuk dan, informasi perkembangan pasar sukuk dunia adalah beberapa hal yang dijelaskan pada pelatihan tersebut.

Rencananya MES-UK akan secara rutin menyelenggarakan kegiatan-kegiatan edukasi ekonomi dan perbankan syariah kepada masyarakat Indonesia di Inggris.

Selain pelatihan rutin, MES-UK juga secara aktif mempublikasikan riset-riset ekonomi dan perbankan syariah dalam bentuk "working paper" MES-UK dan berkerja sama dengan pemerintah seperti KBRI London dalam mengadakan event-event berskala internasional.

***2***
(ZG)
(T.H-ZG/B/S004/S004) 06-12-2010 08:13:37

Tidak ada komentar: