Selasa, 14 Desember 2010

SENIMAN KONTEMPORER

SENIMAN KONTEMPORER INDONESIA CURI PERHATIAN MASYARAKAT JERMAN

London, 15/12 (ANTARA) - Karya seni instalasi seniman kontemporer Indonesia mencuri perhatian masyarakat Jerman di Berlin termasuk media massa yang digelar di Kruezberg, Berlin selama tiga bulan hingga 13 Februari mendatang.


Kuntsraum Kreuzberg yang berusia lebih dari 200 tahun disesaki pengunjung, ujar Fungsi Pensosbud KBRI Berlin, Purno Widodo, dalam keterangannya kepada Antara London, Rabu.


Purno Widodo mengatakan, Setu Legi dan Yudi Noor merupakan dua dari 11 seniman Indonesia menampilkan karyanya pada proyek eksibisi bertajuk "Indonesian Contemporary Art" atau ID-Project yang merupakan kegiatan eksibisi seni kontemporer Indonesia di Kuntsraum Kreuzberg, Berlin.

ID-Project dibuka District Councilor Bidang Pendidikan dan Budaya Kota Berlin Dr. Jan Sto? dan Kepala Kanselerai/Minister Counselor Politik KBRI, Berlin Diah Wulandari Rubianto.


Seniman Setu Legi dengan karyanya yang berjudul "Tanah Tumpah Darah" menyoal keprihatinannya dengan makin tergerusnya hutan Indonesia yang pada gilirannya mengikis struktur sosial dan populasi daerah di sekitar hutan tersebut.


"Dahan ranting tanpa batang, Hilang akar penopang kehidupan, Tak sadar badan telah dihanyutkan, Ke hilir untuk dikapalkan," demikian potongan goresan syair yang ditulis seniman Indonesia Setu Legi.


Syair ini dilengkapi ilustrasi kumpulan patung kepala yang semakin lama semakin terpotong dan tenggelam di dalam lintasan yang membentuk peta Papua dengan tambahan berbagai ilustrasi pepohonan, lahan gundul, balok-balok kayu yang siap dikapalkan, serta terjangan derasnya air.

Karya seni instalasi ini hanyalah satu dari berbagai karya yang ditampilkan pada proyek pertukaran budaya yang bertajuk ID-Project yang digelar di Kruezberg,

Sementara Yudi Noor memvisualisasikan tema identitas dengan menampilkan akar pohon sebagai titik tolaknya.


Berbagai lampu neon yang diletakkan di sekeliling akar tersebut berbicara sebagai gerak tidak konstan dan juga tidak seragam yang berkolerasi dengan pertumbuhan akar pohon.


Yudi Noor menggunakan pohon kopi untuk memvisualisasikan jati diri Indonesia sedangkan lampu neon digunakan untuk melambangkan proses Indonesia dalam membangun identitas.


Dikatakannya, dua komunitas budaya asal Jakarta yaitu Forum Lenteng dan Mes 56 juga turut berpartisipasi dalam proyek eksibisi tersebut.

Selain karya seni instalasi dari seniman Indonesia, itu juga ditampilkan berbagai karya fotografi, video showing and streaming dan berbagai film Indonesia.

Film Indonesia yang ditampilkan di tempat terpisah diantaranya film Berbagi Suami, Pasir Berbisik, dan Eliana, Eliana.Selain pemutaran film, dilakukan juga workshop, diskusi panel dan symposium dengan para sineas Indonesia.

Para seniman lokal dan juga kalangan akademisi serta Indonesianis di Jerman tercenung mengapresiasikan berbagai karya seniman Indonesia yang sarat pesan tersebut.


Secara khusus, Dubes RI di Jerman, Eddy Pratomo, menyampaikan penghargaan kepada seniman Indonesia yang berpartisipasi dalam ID-Project karena turut menjalankan misi diplomasi budaya Indonesia di Jerman.

Tema "ID" yang dapat diartikan sebagai Indonesia, Identitas atau apabila dibaca terpisah akan berarti "ide" gagasan, ujarnya.


Tema tersebut diinterpretasikan oleh seniman indonesia dalam karya-karya yang imajinatif dalam kemasan yang sederhana tapi sarat makna.

Proyek yang sebagian didanai Institut fur Auslandsbeziehungen (IFA) dan program beasiswa budaya di Berlin yaitu Hauptstadt-kulturfonds bertujuan mempromosikan budaya kontemporer Indonesia untuk memperkuat visibilitas budaya Indonesia di kalangan masyarakat Jerman.

KBRI Berlin sebagai salah satu pihak penyelenggara sangat bangga melihat animo tinggi masyarakat Jerman terhadap seni budaya kontemporer Indonesia.


Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah pengunjung yang menyesaki ruang eksibisi serta keingintahuan mereka terhadap berbagai karya seni yang ditampilkan.

Acara ini juga diliput oleh berbagai media elektronik dan media cetak Jerman, hal yang mana merupakan promosi yang baik untuk meningkatkan citra Indonesia di Jerman. (ZG) (T.H-ZG/B/M012/M012) 15-12-2010 05:15:04

Tidak ada komentar: