Selasa, 26 November 2013

ANANDA S

ANANDA SUKARLAN TAMPILKAN RAPSODI NUSANTARA DI SPANYOL

London, 17/11 (Antara) - Rapsodia Nusantara dari komposisi Indonesia gamelan Bali dengan lagu O Ina ni Keke karya Ananda Sukarlan yang tampil bersama musisi Diaspora Indonesia di Eropa mendapat aplaus meriah dari pengemar musik klasik di Spanyol.

Penonton yang memenuhi Conservatorium Amaniel, Madrid, memberikan apresiasi yang meneguhkan Indonesia memiliki banyak talenta berbakat di bidang musik klasik, demikian Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Madird Theodorus Satrio Nugroho, kepada Antra London, Minggu.
Ananda yang menikah dengan wanita Spanyol dan saat ini menetap di Santander, Spanyol tampil bersama musikus Diaspora Indonesia di Eropa diantaranya Amelia Tionanda dan Grace Petrona dari Brussels, Jon Paul dari Italia serta Ratna Indira Mamahit dari Paris.
Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol, Adiyatwidi Adiwoso Asmady, mengatakan bahwa Ananda Sukarlan berhasil menggambarkan sisi lain dari Indonesia yang mampu memainkan secara bagus musik klasik yang berasal dari Eropa.

Dikatakannya pegelaran musik klasik bersamaan dengan Hari Pahlawan ini memberikan perspektif baru - sesuai dengan tema Hari Pahlawan tahun 2013 ¨Pahlawanku Idolaku¨ - Ananda Sukarlan dan rekan musikus lainnya meskipun tinggal jauh dari tanah air tetap mempunyai idola yaitu Indonesia.

Dalam konsernya Ananda dan kawan-kawan juga memainkan beberapa komposisi dari komposer terkenal Spanyol seperti David del Puerto, Jesus Rueda dan Santiago Lanchares yang juga hadir dalam konser musik tersebut.
Banyak penonton yang hadir baru menyadari Indonesia memiliki musikus yang kemampuannya tidak kalah dengan musikus klasik besar Eropa lainnya.
Wakil Direktur Conservatorium Amaniel, Soledad Bordas, menyatakan Indonesia patut bangga karena memiliki Ananda Sukarlan yang bukan saja jenius dalam musik klasik, tapi juga berani melakukan berbagai penjelajahan baru dalam melahirkan komposisi musik klasik dengan elemen etnis dari Indonesia.

Kepuasan juga tampak dari Ananda Sukarlan dan para musikus Indonesia lainnya karena penampilan mereka diapresiasi oleh penonton. Diharapkan konser Ananda Sukarlan dapat menjadi agenda tahunan tidak saja oleh KBRI di Madrid, tetapi KBRI lainnya di Eropa. ***4***(ZG)

(T.H-ZG/B/Z. Abdullah/Z. Abdullah) 18-11-2013 00:28:39



Tidak ada komentar: