Selasa, 26 November 2013

YUNANI

PAMERAN FOTO "LIFE IN INDONESIA" DI YUNANI

London, 17/11 (Antara) - Pameran foto "Life in Indonesia" karya Alumni Darmasiswa yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia Athena bekerja sama dengan Pemerintah Nafplio di Gedung Parlemen Yunani, Voulevtiko.
Pameran menampilkan 37 foto yang merupakan hasil karya alumni Darmasiswa dari Yunani, Danai Karnava dan karya foto Alexandros Tsagaridis, Panagiota Loukaki, Vassilis Loukakis dan Tassa Paraskevi, serta Eleni Grafakou, ujar Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Athena Jani Sasanti kepada Antara, Minggu.

Dikatakannya karya-karya foto tersebut sebagian besar menangkap keindahan pemandangan, bangunan bersejarah dan kehidupan masyarakat Indonesia dari sudut pandang turis, di antaranya barisan stupa di Candi Borobudur, petani yang sedang memanen padi, masyarakat Bali yang melakukan upacara di pura, keindahan matahari terbenam di pantai Kuta, Kawah gunung Bromo, upacara Ngaben di Bali dan foto-foto lainnya.
Duta Besar RI untuk Yunani Benny Bahanadewa mengharapkan pameran foto dapat memberikan gambaran kepada masyarakat Nafplio mengenai Indonesia, mengingat keseluruhan foto tersebut dibuat pemuda-pemudi Yunani alumni program Darmasiswa.

Diharapkannya agar masyarakat di kota Nafplio khususnya dan Yunani pada umumnya, dapat lebih mengenal Indonesia. Untuk para pemuda, kesempatan tersebut terbuka melalui skema Darmasiswa yang disediakan pemerintah Indonesia.

Sementara itu Wali Kota Nafplio Dimitrios Kostouros menyatakan pameran ini merupakan kesempatan yang sangat langka dan baik untuk mengenal Indonesia, sebuah negara yang sangat jauh dan terdiri dari ribuan pulau seperti Yunani. Apalagi tempat penyelenggaraan pameran foto ini diadakan di gedung yang sangat bersejarah, gedung parlemen, yang pada awal pembangunannya diperuntukkan sebagai sebuah mesjid.

Wali kota juga menyatakan kebangaannya Danai Karnava, yang merupakan penduduk Nafplio, setelah belajar di Indonesia selama setahun dapat mengimplementasikan hal-hal yang dipelajarinya kepada masyarakat kota Nafplio.

Danai Karnava, yang fasih berbahasa Indonesia, menyampaikan pengalamannya selama setahun di Badung, Indonesia merupakan pengalaman terbaiknya,belajar budaya Indonesia yang sangat unik dan beragam dan juga bertemu dengan masyarakat Indonesia yang dinilainya ramah.

Danai ingin agar masyarakat Yunani dapat juga melihat Indonesia melalui sudut pandangnya, sehingga terbentiklah ide untuk mengadakan pameran foto ini.

Keingintahuan masyarakat Nafplio untuk melihat foto-foto Indonesia membuat tamu yang datang sangat banyak dan melebihi kapasitas kursi yang disediakan, sehingga sebagian harus berdiri sampai acara pembukaan selesai.

Acara pembukaan dimeriahkan dengan cultural performance dua tarian Indonesia yaitu Yapong dan Tor-Tor yang dibawakan oleh masyarakat Indonesia.

Selain itu, sekitar 150 pengunjung yang terdiri dari pemuka masyarakat, friends of Indonesia dan masyarakat setempat juga menyaksikan presentasi video mengenai Diversity Indonesia.

Acara ini diliput media setempat seperti Max TV dan DRI TV diakhiri dengan resepsi yang dilakukan di halaman luar gedung Parlemen dengan menyajikan gubuk-gubuk tradisional Indonesia berupa Sate Ayam, Mie Goreng dan lumpia.

Kegiatan pameran foto, Danai Karnava juga mempresentasikan mengenai Indonesia kepada para pengunjung, terutama murid-murid sekolah di kota Nafplio. ***4*** (ZG)
(T.H-ZG/B/Z. Abdullah/Z. Abdullah) 17-11-2013 23:07:26

Tidak ada komentar: