Rabu, 04 Maret 2015

MEKSIKO

RI Promosi Potensi Ekonomi di Meksiko

Oleh : | Selasa, 3 Maret 2015 | 11:53 WIB

BERITA TERKAIT

RI Promosi Potensi Ekonomi di Meksiko
(Foto: kemlu.go.id)
    
INILAHCOM, London - Meksiko merupakan negara penting bagi perluasan pasar Indonesia di Amerika Tengah dan Latin yang mentargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,7 persen yang dapat dimanfaatkan pengusaha Meksiko-Indonesia di bidang investasi.

Hal itu disampaikan Duta Besar RI untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, pada Forum Bisnis bertemakan Panorama Perdagangan Bilateral Indonesia Michoacan di Morelia, ibukota Michoacan, demikian Sekretaris II /Pensosbud KBRI Meksiko, Febby Fahrani kepada Antara London, Selasa (3/3/2015).

Forum bisnis yang diselenggarakan Pemerintah Negara Bagian Michoacan dan Kamar Dagang (Consejo Empresarial Mexicano de Comercio Exterior Inversion Y Tecnologia-COMCE) Negara Bagian Michoacan tersebut diikuti sekitar 50 pengusaha dari berbagai sektor di Michoacan.

Forum Bisnis bertemakan Panorama Perdagangan Bilateral Indonesia Michoacan di Morelia, ibukota Michoacan, ini merupakan langkah awal KBRI Mexico City dalam upaya mempromosikan kebijakan pemerintah Indonesia di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya kebijakan bidang ekonomi, pembangunan, investasi, perdagangan, dan pariwisata.

Dalam forum tersebut, Dubes menyampaikan kebijakan maritim Indonesia, ketahanan pangan dan swasembada pangan, rencana pengembangan infrastruktur, dan strategi investasi 2015-2019 serta kemudahan berinvestasi dan kegiatan bisnis, seperti pembentukan national one stop service dan pemberian insentif .

Dubes menjelaskan mengenai perkembangan hubungan bilateral Indonesia-Meksiko di bidang ekonomi, serta berbagai peluang kerjasama yang ada di bidang perdagangan dan investasi.

Ia mendorong agar kalangan pengusaha Meksiko dapat memanfaatkan peluang kerja sama guna meningkatkan perdagangan dan investasi kedua negara, serta melakukan misi dagang ke Indonesia guna melihat peluang yang ada .

Dubes mengatakan saat ini merupakan momentum yang baik bagi Meksiko untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Meksiko.

Sementara itu Wakil Menteri Pengembangan Ekonomi untuk Usaha Kecil Menengah Meksiko Pemerintah Negara Bagian Michoacan, Luis Galvez Antunez menyampaikan harapannya agar forum ini dapat menjadi ruang bagi pengusaha Michoacan untuk mengetahui peluang yang ada di Indonesia dan juga bagi pemerintah Indonesia mengenal potensi yang dimiliki Michoacan.

Hal yang senada disampaikan Ketua COMCE Michoacan, Juan Miguel Abraham Martinez. Martinez yang mengharapkan forum ini mampu mendorong konektivitas dan membentuk jejaring antara kalangan pengusaha Michoacan dengan KBRI, menjembatani hubungan bisnis yang memberikan manfaat secara ekonomi bagi kedua belah pihak.

Kegiatan forum bisnis dilanjutkan dengan working lunch dengan pejabat Pemerintah Negara Bagian Michoacan dan kalangan pengusaha/asosiasi (Asosiasi Industri Meksiko/CANACINTRA), dan Kamar Dagang Meksiko (COMCE) membahas beberapa peluang kerjasama.

Di antaranya kemungkinan pemanfaatan program pemerintah Meksiko (Incubation Program) mengembangkan usahanya dengan melakukan pelatihan dan penelitian dalam bentuk kerja sama dengan kalangan akademisi.

Selain kemungkinan kerjasama antar pelabuhan, mengingat Michoacan sedang mengembangkan pelabuhan Lazaro Cardenas, impor automotive parts dari Indonesia atau pengembangan pertanian alpukat di Indonesia, mengingat produksi alpukat Michoacan merupakan yang terbesar dan terbaik di Meksiko.

Negara Bagian Michoachan yang berada di wilayah Barat Meksiko ini memiliki pelabuhan penting Lazaro Cardenas merupakan kawasan potensial untuk memperkenalkan potensi ekonomi Indonesia melalui kegiatan forum bisnis.

Dengan kekuatan logistik dan distribusi, di bidang industri pertambangan, serta sebagai produsen utama di bidang pertanian seperti alpukat dan jagung, Michoacan berpotensi mengembangkan kerja sama dengan Indonesia. [tar]
- See more at: http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2183455/ri-promosi-potensi-ekonomi-di-meksiko#sthash.zsWDWFVT.Yospb2SP.dpuf

Tidak ada komentar: