Senin, 30 Maret 2015

ROMA

DUBES NEGARA ASEAN DI ROMA BAHAS IMIGRAN GELAP

     Oleh Zeynita Gibbons
   London,27/3 (Antara) - ASEAN Committee in Rome yang beranggotakan para Duta Besar negara anggota ASEAN di Italia melakukan pertemuan dengan Kementerian Dalam Negeri Italia  guna bertukar pikiran mengenai masalah imigran gelap  yang memasuki Italia dan hubungannya dengan stabilitas kawasan terdekatnya, Afrika.

        Minister Counsellor KBRI Roma, Nindarsari Utomo kepada Antara London, Jumat mengatakan pertemuan yang diadakan di Wisma Duta KBRI Roma dibalut dalam acara Working Luncheon  dengan mengundang Kepala Departemen/Direktur Jenderal Kebebasan Sipil dan Imigrasi Kementerian Dalam Negeri Italia Mario Morcone.

        KBRI Roma kali ini menjadi tuan rumah ASEAN kegiatan ACR Working Luncheon yang merupakan salah satu kegiatan rutin ACR, yang dihadir seluruh Kepala Perwakilan negara-negara ASEAN di Roma yang terdiri dari enam negara yaitu Thailand yang menjadi Ketua ACR Februari-Juli 2015, Vietnam, Indonesia, Myanmar, Filipina dan Malaysia.

        Mr. Morcone dengan santai diselingi makan siang menjawab pertanyaan dari para peserta terkait isu imigrasi di Italia, khususnya beberapa tahun terakhir dengan semakin meningkatnya jumlah imigran yang masuk dari wilayah Afrika Utara dan Timur Tengah.

        Dikatakannya Italia harus menampung para imigran yang masuk ke Italia melalui perairan mediterania. Saat ini terdapat beberapa penampungan imigran yang tersebar di beberapa wilayah di Selatan Italia seperti di Lampedusa, Sisilia dan Puglia.

        Berbagai upaya dilakukan menghadapi arus imigran.

        "Hal terutama yang harus dilakukan dunia adalah untuk berkomitmen menyelesaikan berbagai konflik di Afrika seperti di Libya, Nigeria, Etria, dan negara lainnya," kata Mario Morcone.

    ***2***
(T.H-ZG/C/P.H. Prabowo/P.H. Prabowo) 27-03-2015 15:51:01

Tidak ada komentar: