Kamis, 26 Maret 2015

MEKSIKO

BENDERA MERAH PUTIH WARNAI INDOFEST DI MEKSIKO

     Oleh Zeynita Gibbons
   
   London, 15/3 (Antara) -  Bendera Merah Putih mewarnai Indofest 2015 yang diadakan Sekolah Colegio Indonesia di Pusat Budaya Meksiko di negara bagian Estado de Mexico, demikian Sekretaris Pensosbud KBRI Meksiko, Febby Fahrani kepada Antara, Minggu.

        Dalam kegiatan yang juga dihadiri Duta Besar Republik Indonesia untuk Meksiko Serikat Yusra Khan itu, pelajar Colegio Indonesia menampilkan kesenian khas Meksiko seperti tarian merengue dan salsa serta lagu Meksiko seperti El Amor Coloca dan A Mi Manera dengan iringan musik Kelompok Orkestra Colegio Indonesia.

        Meskipun tidak ada tampilan seni Indonesia pada Indofest 2015, tampilan pelajar di atas panggung didominasi dengan kostum dengan warna bendera Indonesia, merah dan putih.

        Bahkan, pada pertunjukan senam akrobatik, dalam balutan seragam olahraga berwarna merah putih,  siswa-siswi Colegio Indonesia tampak bangga mengibarkan bendera Indonesia di hadapan sekitar 900 hadirin.

        Febby Fahrani mengatakan pada kesempatan perkenalan dengan Kepala Sekolah Colegio Indonesia Yoxtalepetl Escamilla Olguin, Dubes Yusra Khan menyampaikan rasa bangga bisa hadir dalam Indofest 2015.

        Dubes Yusra Khan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Colegio Indonesia yang telah meningkatkan pemahaman masyarakat Meksiko atas nama Indonesia melalui penggunaan nama Indonesia sebagai nama sekolahnya.

        Dubes Yusra Khan berharap agar pemahaman tersebut dapat terus dipupuk dan ditingkatkan dengan lebih memperkenalkan segala aspek tentang Indonesia di lingkungan sekolah.

        Dubes Yusra Khan menyampaikan kesiapan mendukung pelaksanaan kegiatan untuk memperkenalkan Indonesia bagi sekitar 370 orang pelajar Colegio Indonesia.

        Indofest 2015 merupakan Indofest ketujuh yang diselenggarakan Colegio Indonesia.

        Colegio Indonesia yang berlokasi di kota Coacalco di negara bagian Estado de Mexico ini didirikan oleh Isabel Olguin Romo pada tahun 1979.

        Sekolah swasta  ini didirikan atas dasar kecintaan Isabel Romo akan Indonesia yang tumbuh saat ia mengajar di sekolah Indonesia bernama Escuela de la Republica Indonesia di Tacuba, Mexico City yang diresmikan Presiden Soekarno di tahun 1959.
   Meski Colegio Indonesia menggunakan kurikulum setempat, namun sekolah ini pernah menawarkan kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa-siswinya di tingkat Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama untuk mempelajari bahasa Indonesia dan seni musik angklung asal Indonesia.

        Sekolah yang kerap memperoleh penghargaan atas keunggulan seni ini juga aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan KBRI seperti peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. ***2***(ZG)

Sigit Pinardi
(T.H-ZG/B/S. Pinardi /S. Pinardi ) 15-03-2015 23:54:4

Tidak ada komentar: