Sabtu, 10 September 2016

KANADA

DAN KULINER TARIK PERHATIAN DI KANADA
     Oleh Zeynita Gibbons
   London, 30/8 (Antara) - Pesona batik dan kuliner Indonesia yang dipromosikan oleh salah seorang WNI, Clara Kriswanto, pada Cranbrook Multicultural Festival, Kanada berhasil menarik perhatian masyarakat Kanada.
        Konsul KJRI Vancouver, Yudhono Irawan kepada Antara, Selasa mengatakan, pada Cranbrook Multicultural Festival, Clara yang mempunyai usaha wiraswasta yang dikelolanya, "Omnita",  tampil dalam kegiatan promosi seni dan budaya yang diadakan di wilayah British Columbia.
        "Dalam mempromosikan Indonesia, Omnita menampilkan ragam kain batik, serta memberikan edukasi kepada masyarakat setempat mengenai seluk beluk batik, filosofi maupun cara pembuatannya," katanya.
        Festival yang berlangsung di Cranbrook, sekitar 900 km dari Vancouver, dibuka dengan Batik Exhibition yang dihadiri sekitar 50 orang masyarakat setempat yang  antusias  mengikuti presentasi tentang proses pembuatan batik dan mencoba menggunakan canting pada disain gambar yang mereka buat. 
   Selain presentasi, dalam pembukaan festival, Omnita bersama masyarakat Indonesia yang berdomisili di Cranbrook turut memeriahkan festival dengan membuka booth Indonesia, yang menampilkan hasil kerajinan karya  pengrajin lokal dari berbagai daerah di nusantara serta hidangan khas Indonesia seperti sate ayam, rendang, dan lontong.

        Masyarakat setempat  sangat menikmati kuliner khas Indonesia  sebagaimana terlihat dari larisnya sajian tersebut, terutama rendang.
        Batik sebagai salah satu warisan budaya mendapatkan pengakuan dari UNESCO menjadi daya tarik tersendiri saat ditampilkan dalam berbagai festival yang diikuti Indonesia di wilayah British Columbia.   
   Menurut Clara, batik merupakan ekspresi budaya yang punya makna simbolik yang unik dan luhur, patut dipelajari, dimengerti, dan dilestarikan.***1***
(T.H-ZG/B/Subagyo/C/Subagyo) 30-08-2016 15:08:04

Tidak ada komentar: