Senin, 30 April 2018

KBRI LONDON

KBRI LONDON GELAR BELANJA INTERACTIVE LIVE VIDEO DENGAN INACRAFT
Zeynita Gibbons

       London, 28/4 (Antara) - Kedutaan Besar Indonesia di London bekerjasama dengan Kantor Atase Perdagangan, Indonesia Investment Promotion Centre (IIPC)/kantor perwakilan BKPM di London, Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Bank Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), dan Diaspora Indonesia UK dan Irlandia (PERIUK & ROI) mengelar Interactive Live Video Shopping (ILVS) dalam rangka pameran kerajinan INACRAFT 2018 bertempat di KBRI London pada tanggal 25 dan 27 April.
          Pensosbud KBRI London Maradona A. Runtukahu kepada
Antara London, Sabtu menyebutkan kegiatan ILVS bertujuan untuk mempertemukan penjual merupakan UMKM binaan BI dan BNI di pekan INACRAFT 2018 dengan pembeli potensial yang ada di Inggris melalui metode digital shopping dengan memanfaatkan media Live Interactive Video Streaming bagi mereka yang hadir  di KBRI London untuk berdiskusi dan bertransaksi langsung melalui platform Facebook Live KBRI London .
          Selama dua hari berlangsunya kegiatan, ILVS dihadiri sekitar  30 buyers berhasil mencatat lebih dari 50 transaksi baik yang terdiri dari pembelian retail ataupun sample produk yang rencananya akan diikuti dengan transaksi ekspor ke Inggris. Produk utama menjadi ketertarikan para buyers di Inggris antara lain wastra Indonesia dengan warna alami, produk kerajinan kayu, kulit, perhiasan, serta berbagai aksesoris.
           Menandai dibukanya acara ILVS, Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI London, Vitto Tahar, menyampaikan kegiatan ILVS merupakan terobosan inovasi yang diadakan pertama kalinya oleh Perwakilan guna menjembatani minat potensial buyers di luar negeri terhadap berbagai macam produk kerajinan khas Indonesia. Diharapkan inovasi ILVS ini dapat menjadi salah satu platform untuk mempromosikan dan menjual produk pameran dagang di Indonesia.
       Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan BI di London, Donny Hutabarat, menyampaikan dalam rangka mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia, BI memiliki program pembinaan terhadap 35 UMKM melalui pemberian technical assistance guna mendorong perluasan jangkauan pasar baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sebagian besar UMKM turut hadir di INACRAFT dan bepartisipasi dalam kegiatan ILVS, ujarnya.
          Bank BNI dalam INACRAFT 2018 memfasilitasi sebanyak 32 UMKM binaan yang berlokasi di dalam Kampung BNI. Kepala Kantor Perwakilan BNI London, Teddy Saputra, mendukung kegiatan ILVS ini dan memfasilitasi pembayaran transaksi yang terjadi selama dua hari ILVS.
          Pada acara ILVS , Atase Perdagangan KBRI London, Nur Rakhman Setyoko secara langsung memfasilitasi jalannya transaksi  difokuskan kepada produk kerajinan unggulan. Dalam pandangannya metode online marketing seperti ILVS ini sejalan dengan program Kementerian Perdagangan dan berharap dapat kembali dimanfaatkan di masa mendatang sebagai media penjualan dan promosi perdagangan.
          Acara yang  didukung  Kantor IIPC London melalui Wakil Kepala, Theopita Tampubolon menyampaikan kegiatan perdagangan memiliki kaitan erat dengan investasi, sehingga melalui fasilitasi kegiatan promosi perdagangan seperti ILVS diharapkan dapat menumbuhkan minat investasi pelaku bisnis di Inggris.
           Kegiatan ILVS secara keseluruhan disambut secara antusias baik oleh pihak pembeli di Inggris maupun pihak penjual di Indonesia. Keberhasilan ILVS tidak lepas dari kerjasama dan sinergi yang baik dari KBRI London, IIPC London, BI London, BNI London, dan Diaspora Indonesia di Inggris dan Irlandia, demikian Vitto Tahar.
    ***3***
(zg/o001

(T.H-ZG/B/O. Tamindael/O. Tamindael) 28-04-2018 09:31:12

Tidak ada komentar: