Senin, 30 April 2018

MOSKOW

KBRI MOSKOW GELAR FESTIVAL KULINER DI RUSIAOleh Zeynita Gibbons

      London,30/4 (Antara) - Keduataan Besar RI Moskow bekerja sama dengan Restoran Grabli Moskow  mengelar Festival Kuliner Indonesia yang berlangsung secara serentak di delapan gerai restoran selama tiga minggu, 27 April-18 Mei 2018.
          Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana kepada Antara London, Senin menyebutkan acara pembukaan secara resmi dipusatkan di salah satu Restoran Grabli di sebuah pusat perbelanjaan yang besar dan strategis Children's World Department Store (Detskiy Mir) di Lubyanka, sekitar 750 meter dari Lapangan Merah dan Kremlin.
            Direktur Komersial Restoran Grabli, Alexander  Rozhnikovsky  mengatakan festival seperti ini baru pertama kali dilakukan di Grabli. Pengunjung tidak hanya menikmati makanan Indonesia, tetapi juga  nuansa Indonesia melalui dekorasi dan iringan musik, serta pertunjukan budaya Indonesia.
          Mengembangkan menu eksotis dengan bahan langka di Rusia untuk jaringan besar restoran seperti Grabli dengan harga kompetitif merupakan suatu tantangan nyata. "Tapi kami mendapat dukungan dan kerja sama dari juru masak profesional Indonesia dan KBRI Moskow," ujar Alexander Rozhnikovksy salah satu pemilik dari Restoran Grabli.       Menurut Alexander,  setiap hari sekitar 20 ribu orang mengunjungi seluruh jaringan Restoran Grabli. Diharapkan festival ini dapat turut memperkenalkan Indonesia dan budayanya kepada warga Moskow dan pengunjung Ibukota Rusia ini.
          Festival Kuliner Indonesia menampilkan berbagai sajian makanan Indonesia yang eksotik mulai dari menu pembuka, menu utama hingga menu penutup.
          Terdapat 10 menu yang disajikan selama festival, di antaranya urap, soto ayam, nasi goreng, risoles, sate ayam, semur daging dan lainnya.
         Makanan Indonesia diolah dan disiapkan  lima juru masak profesional Indonesia yang didatangkan dari Belanda.
         Menurut salah seorang warga Rusia, Inna Izykheeva, Festival Kulier Indonesia akan sangat menarik bagi warga dan tamu Moskow. Kuliner Indonesia memiliki ciri khas dan cita rasa tersendiri dengan bumbu yang digunakannya dibandingkan kuliner  negara lain.
          Sementara itu Dubes Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi mengatakan Festival Kuliner Indonesia ini dilaksanakan tidak hanya untuk mempromosikan kuliner dan budaya Indonesia di Rusia, tetapi juga peluang ekonomi, bisnis, dan pariwisata.
          Di Rusia tidak ada kecap dan beberapa rempah-rempah, seperti kemiri, laos, dan lainnya. Grabli bersedia untuk impor dari Indonesia, ujarnya dan ia berharap  akan ada restoran di Moskow  menyajikan kuliner Indonesia.
          Semakin populernya masakan Indonesia diharapkan dapat mendorong warga Rusia untuk berwisata ke Indonesia, ujarnya.
          Tahun 2017 jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia meningkat 37,28% menjadi lebih dari 110 ribu orang dibandingkan tahun sebelumnya dan merupakan prosentase kenaikan tertinggi di antara negara lainnya.
          Grabli merupakan salah satu jaringan besar restoran di Moskow yang menyajikan masakan Rusia dan internasional secara swalayan. Jaringan Restoran Grabli adalah bagian dari Rozhnikovsky Gastronomic Academy Holding yang didirikan pemilik restoran terkenal Roman Mikhailovich Rozhnikovsky.
          Pertama kali jaringan Restoran Grabli dibuka tahun 2003 dan saat ini terdapat 10 restoran, yaitu sembilan di Moskow dan satu di kota lain, Voronezh. Setiap tahun Restoran Grabli dikunjungi sekitar 7 juta orang.

    ***1***

(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 30-04-2018 05:05:28

Tidak ada komentar: