Minggu, 15 April 2018

MAROKO

Oleh Zeynita Gibbons

     London, 8/4 (Antara) - Remaja Maroko yang ikut berlatih dalam Sanggar Seni Budaya Indonesia (SSBI) KBRI Rabat, membawakan Tari Sekar Rinonce bersama anak-anak Indonesia dalam acara Festival Musik dan Lagu Pendidikan Anak Internasional ke-25 yang diadakan Yayasan El-Adwatain, di Salle Bahnini, Rabat, Sabtu.
         Pensosbud KBRI Rabat, Hanung Nugraha kepada Antara London, Minggu mengatakan Festival Internasional Musik dan Lagu Pendidikan Anak ini diadakan secara rutin setiap tahun  menjelang liburan musim semi didukung Kementerian Pemuda dan Olah Raga Maroko, Kementerian Budaya Maroko dan beberapa perusahaan besar swasta di Maroko antara lain Office Chérifien des Phosphates (OCP) yang bergerak di bidang bahan pupuk dan Bank BMCE.
         Dikatakannya, penampilan SSBI KBRI Rabat sangat spesial dengan daya magis suara gamelan dengan lirik lagu berbahasa Indonesia membawakan  lagu Garuda Pancasila dengan iringan gamelan berhasil menarik perhatian penonton.
         Warga Maroko yang memenuhi Salle Bahnini memberikan sambutan dengan tepuk tangan yang meriah. Teriakan "Bravo...Bravo..." menggema di ruangan teater Salle Bahnini setelah tarian selesai.
         Penampilan SSBI KBRI Rabat kali ini juga spesial karena penari yang membawakan Tari Sekar Rinonce adalah warga negara Maroko selain anak-anak Indonesia yang berlatih di SSBI KBRI Rabat. Semangat warga negara Maroko  mempelajari seni budaya Indonesia terefleksikan dari keceriaan dan keluwesan mereka menari Tari Sekar Rinonce hasil didikan Pelatih SSBI, Bambang Priambodo, pimpinan Sanggar Greget Semarang.
         Sekretaris Pertama KBRI Rabat, Hanung Nugraha menerima penghargaan dari pihak penyelenggara, menyampaikan   apresiasi  sekaligus mengundang publik yang tertarik dengan seni budaya Indonesia untuk berlatih di SSBI KBRI Rabat.

         Menurut Hanung Nugraha, penampilan seni budaya Indonesia pada Festival Musik dan Tari Anak Internasional tahun 2018 merupakan upaya KBRI Rabat mempromosikan seni budaya Indonesia sekaligus mempererat kerja sama sosial budaya Indonesia-Maroko. Keberadaan SSBI KBRI Rabat merupakan strategi untuk menjaga kesinambungan promosi seni budaya Indonesia melalui institusi yang dapat memberikan kursus secara berkala kepada masyarakat Maroko.***4****
Riza Fahriza
(T.H-ZG/B/R. Fahriza/R. Fahriza) 08-04-2018 05:09:29

Tidak ada komentar: