Selasa, 30 Oktober 2018

ROMA


PESONA SUMBAR HANGATKAN RESEPSI DIPLOMATIK DI ROMA  
Oleh Zeynita Gibbons

London,25/10 (Antara) - Tari Pasambahan, khas Minang simbol ungkapan hormat kepada tamu tampil mempesona di hadapan 250 undangan kalangan korps diplomatik, pejabat tinggi dan anggota Parlemen Italia, serta mitra kerja KBRI Roma pada Resepsi Diplomatik HUT ke- 73 RI di Roma, Selasa(23/10).

Tamu undangan juga datang dari berbagai wilayah di Italia, seperti Genoa, Florence, Napoli hingga Sicilia dihibur dengan Tari Piring pengantar undangan menikmati hidangan yang disajikan seperti rendang, menu khas Sumatera Barat, demikian Pensosbud KBRI Roma Aisyah M. Allamanda kepada Antara London, Kamis.

Berbagai tarian dan nyanyian daerah yang dipersembakan Tim Sanggar Seni Budaya binaan Pemkab Pasaman, selain itu juga tampil campur sari dari Ilaria Meloni, Daniele Zappatore dan Marco.

Ketiganya merupakan warga Italia alumni Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) dan program Darmasiswa Pemerintah Indonesia yang melantumkan lagu berbagai daerah diiringi instrumen tradisi dipadukan alat musik internasional.

Sebelumnya Ilaria dan Daniele menyanyikan lagu kebangsaan Italia, "Fratelli d'Italia" dan Indonesia Raya. Nuansa persahabatan lintas budaya dua dunia mengisi perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang sederhana namun tetap menarik tersebut.

Duta Besar Indonesia di Italia, Esti Andayani, mengawali sambutannya mengajak undangan mengheningkan cipta dan doa bersama bagi para korban bencana alam di Indonesia dan berharap kerja sama serta hubungan baik yang terjalin antara Indonesia dan Italia selama ini dalam berbagai bidang dapat terus dibina.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno juga turut hadir dalam resepsi diplomatik bersama Walikota Payakumbuh Riza Pahlevi, Bupati Agam Indra Catri dan Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, berharap pementasan seni tari dan lagu Sumatera Barat dapat memperkenalkan potensi pariwisata daerah tersebut kepada para tamu undangan.

Wakil Menteri Luar Negeri Italia, Manlio Di Stefano, saat berbincang dengan Dubes Esti Andayani di sela-sela resepsi, menyampaikan kekagumannya terhadap seni budaya Indonesia dan menyatakan sangat menikmati makanan Indonesia yang disajikan.

Menjelang 70 tahun hubungan RI-Italia pada tahun 2019 mendatang, kerja sama kedua negara semakin baik ditandai dengan surplus dagang di pihak Indonesia, peningkatan kunjungan wisatawan Italia ke Indonesia serta berbagai kesepakatan baru di bidang ekonomi kreatif, media dan pendidikan.

***2***

(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 25-10-2018 03:56:36



Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: