Selasa, 30 Oktober 2018

SPANYOL


IMPORTIR SPANYOL DAPAT PENGHARGAAN PRIMADUTA 2018
Zeynita Gibbons

London, 25/10 (Antara) - Kementerian Perdagangan RI memilih dua perusahaan importir Spanyol sebagai penerima Penghargaan Primaduta 2018, untuk loyalitas, komitmen, dan kinerja mereka dalam meningkatkan volume produk ekspor Indonesia ke negara Matador itu.

"Dubes RI di Madrid, Hermono selanjutnya menyerahkan Penghargaan Primaduta kepada para penerima di Madrid dalam suatu acara resepsi di KBRI Madrid pada bulan November mendatang," demikian Pensosbud KBRI Madrid dalam keterangan yang diterima Antara London, Kamis.

Penghargaan untuk dua perusahaan Moycor Vic. SL dan Joenfa. SL, importir produk Furniture tersebut diserahkan Presiden RI Joko Widodo pada acara pembukaan Trade Expo Indonesia ke-33 di ICE Bumi Serpong Damai, Tangerang, Rabu.

Dubes Hermono mengatakan pemberian penghargaan kepada kedua importir Spanyol tersebut patut disyukuri karena menunjukan adanya keberlanjutan dalam hubungan dagang antara Indonesia dan Spanyol. Juga membuktikan produk-produk Indonesia dapat terjaga kualitas dan pasokannya.

Data Global Trade Atlas Spanyol, mebel impor Spanyol dari Indonesia pada periode Januari-Juli 2017 tercatat 20,42 juta dolar AS, sementara periode yang sama tahun 2018 tercatat USD 20,45 juta dolar AS, naik 0,18 persen.  
Adanya kenaikan persentase ini terjadi karena permintaan produk tersebut tidak hanya untuk memenuhi pasar domestik Spanyol tetapi juga untuk diekspor ke negara Eropa lainnya.

Ekspor Spanyol tahun 2017 untuk produk tersebut tercatat 865,86 juta dolar AS. Pada 2018 meningkat mencapai 911,16 juta dolar AS naik 5,23 persen. Hal ini merupakan peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan volume ekspor produk tersebut. 
Penyeleksian penerima Penghargaan Primaduta dilakukan dengan mempertimbangkan peran nominator dalam meningkatkan kinerja ekspor Indonesia ke negara tujuan, performa nominator dalam peningkatan ekspor produk yang diimpornya, dan jenis barang yang diimpor dari Indonesia.

KBRI Madrid mengharapkan, pemberian Penghargaan Primaduta 2018 ini akan semakin mendorong pelaku impor dan ekspor kedua negara untuk lebih meningkatkan volume ekspor produk Indonesia ke Spanyol.

***3****

(T.H-ZG/B/A. Wijaya/A. Wijaya) 25-10-2018 16:40:42



Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: