Jumat, 11 Desember 2009

ALUMNI DARMASISWA CEKO GALANG DANA UNTUK SUMBAR

ALUMNI DARMASISWA CEKO GALANG DANA UNTUK SUMBAR

London, 10/12 (ANTARA) - Alumni penerima beasiswa Darmasiswa dari Ceko menggalang dana untuk membantu korban gempa di Sumatra Barat dan melanjutkan pembangunan SD Ngolang di Lombok dengan mengelar seni budaya Indonesia.

Acara pergelaran seni budaya tersebut menunjukkan keberhasilan program Darmasiswa yang diprakarsai Deplu dan adanya kedekatan hati antara masyarakat Ceko dan Indonesia, ujar Counsellor Pensosbudpar Azis Nurwahyudi yang mewakili KBRI Praha, di Teater Minor-Praha, kepada koresponden Antara London, Kamis.

Dikatakannya, acara yang dimotori Jana Vozabova, alumni Darmasiswa dari berbagai angkatan mempromosikan Indonesia melalui tari tradisional, gamelan Bali, nyanyian, pameran foto, lelang barang dengan menggandeng Java Cafe mempromosikan kuliner Indonesia.

Pada acara tersebut undangan yang memenuhi Teater Minor seakan-akan dibawa berwisata ke Indonesia. Dimulai dari Pulau Jawa dengan suguhan peragaan busana tradisional Jawa dan Tari Merak serta Yapong yang ditarikan penari bermata biru dari Yayasan Kintari.

Sementara itu para penari dari sanggar Sekar Melati binaan KBRI Praha menampilkan Tari Bajidor Kahot yang disuguhkan dengan lincah.

Penonton dibawa ke Pulau Sumatra dengan suguhan lagu tradisional yang dinyanyikan Rony Marton dan pertunjukan foto keindahan alam di Ranah Minang.

Selain itu juga dipresentasikan kegiatan dari Prague Dragon Boat Club yang mempunyai hubungan baik dengan Kota Tanjung Pinang.

Pada kesempatan itu ditayangkan foto pertandingan perahu naga di Praha bernama "Tanjung Pinang Cup" karena perlombaan tersebut menggunakan dua perahu sumbangan dari Wali Kota Tanjung Pinang yang diberi nama Gurindam dan Pantun.

Para penonton diajak berkunjung ke Pulau Bali dengan keindahannya yang digambarkan selain melalui foto juga penampilan Tari Gabor yang ditarikan tiga gadis cilik.

Selain itu juga ditampilkan tari Rangda yang dibawakan dengan iringan gamelan Bali dari Sanggar Cakrawala, pimpinan John Adam yang juga alumni Darmasiswa. Tidak ketinggalan pula dipentaskan tari Cendrawasih.

Pada sesi kedua, penonton mendapat suguhan film tentang upaya Jana Vozabova dan Yayasan Kintari dalam membangun gedung SD Ngolang di Lombok.

Dalam tayangan diperlihatkan kondisi sekolah sebelum direnovasi yang sangat menyedihkan dan setelah diperbaiki Yayasan Kintari. Dalam film itu juga digambarkan bagaimana pemuda Ceko ini membantu memperbaiki kesehatan penduduk di sekitar sekolah tersebut dengan memberikan pengobatan dan bantuan vitamin.

Selain acara seni budaya, pada malam itu juga dipamerkan foto kehidupan masyarakat Minang hasil bidikan para alumni Darmasiswa ketika mereka belajar di Universitas Andalas, dan foto kehidupan masyarakat Lombok.

Yayasan Kintari juga menjual aneka pernak-pernik khas Indonesia kepada para penonton serta lelang barang yang hasilnya membantu korban gempa di Sumatra dan melanjutkan pembangunan SD Ngolang, Lombok.

Suasana Indonesia semakin kental tatkala penonton asyik menikmati berbagai makanan khas Indonesia yang dijual Java Cafe, demikian Azis Nurwahyudi. ***5***
(U-ZG)
(T.H-ZG/B/I011/I011) 10-12-2009 18:34:08

Tidak ada komentar: