Minggu, 13 Desember 2009

INDONESIA JADI SUMBER INSPIRASI SENIMAN HUNGARIA

INDONESIA JADI SUMBER INSPIRASI SENIMAN HUNGARIA

London, 14/12 (ANTARA) - Duta Besar Indonesia di Budapest, Mangasi Sihombing mengatakan, Indonesia telah dan akan terus menjadi sumber inspirasi bagi seniman Hungaria.

Hal itu disampaikan Dubes Mangasi saat meresmikan pameran lukisan koleksi Ketua Asosiasi Budaya Indonesia-Hungaria Peter Bezi dan koleksi Szuk Norbet, pelukis dan fotografer di Aquaworld Hotel Ramada Budapest, ujar Sekretaris Kedua KBRI Budapest Patricia Silalahi kepada koresponden Antara London, Senin.

Dalam acara pembukaan, seorang penyair Hungaria, Ef Zambo Istvan membacakan puisi karya pengarang Indonesia berjudul "Duna" atau Sungai Donau yang merupakan dialog panjang mengenai lingkungan hidup.

Pembukaan Pameran diramaikan dengan beberapa nomor tarian tradisional Indonesia oleh anggota Sanggar Seni KBRI Budapest, berlangsung hingga 15 Januari dihadiri undangan termasuk kalangan diplomatik dan tokoh masyarakat.

Selain koleksi lukisan Ketua Asosiasi Budaya Indonesia-Hungaria Peter Bezi, juga dipamerkan karya Szuk Norbet, seorang pelukis dan fotografer yang sejak muda berminat menjadi pelukis merupakan fotografer dan juga seorang freelance writer.

Lukisan karya Szuk Norbet, yang lama tinggal di Ubud, Bali dan Jawa, banyak terpengaruh oleh budaya Indonesia terutama budaya Hindu dan wayang sebagai tema karya-karya lukisannya.

Majalah "Vilagjaro" dalam edisi November memuat laporan perjalanan Szuk Norbert dan Istrinya Dezsery-Szuk Dorottya di Pulau Jawa bersama foto yang dimuat dalam 7 halaman penuh.

Air Kelapa
Dalam acara pembukaan pameran juga diperkenalkan produk minuman khas Indonesia "Air Kelapa" dalam kemasan karton yang diimpor Kapas Adam dari daerah Riau.

Menurut Kapas Adam, produk minuman air kelapa diimpornya dalam bentuk jadi dan perusahaannya tinggal memasarkannya.

Dalam sambutannya, Dubes Mangasi Sihombing menekankan komoditi Indonesia cukup kompetitif selain bermutu tinggi prospek pemasarannya cukup baik, yang penting kontinuitas pengadaan dalam pasar.

Dia juga mengemukakan mengenai adanya peningkatan kunjungan wisata dan arus investasi dari Hungaria. ***5***
(U.H-ZG/B/A041)

(T.H-ZG/B/A041/A041) 14-12-2009 07:59:44

Tidak ada komentar: