Senin, 22 Februari 2010

FADEL KE SPANYOL UNTUK TARIK INVESTOR KE INDONESIA

FADEL KE SPANYOL UNTUK TARIK INVESTOR KE INDONESIA

Madrid, 22/2 (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad mengharapkan kunjungan kerja ke Spanyol diharapkan akan dapat menarik investasi mereka ke Indonesia khususnya dalam rangka kerja sama di bidang perikanan.

Hal itu disampaikan Fadel Muhammad saat tatap muka dengan masyarakat Indonesia di aula KBRI Madrid, Minggu malam.

Sebelumnya Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Spanyol O`Conroy Doloksaribu mengatakan, kunjungan Fadel Muhammad ke Spanyol itu diharapkan akan dapat meningkatkan sumber daya manusia di bidang penangkapan ikan.

"Saya harapkan kunjungan kerja ke Spanyol akan terus terjalin secara berkesinambungan dalam bidang kelautan dan perikanan," ujar Fadel.

Diakuinya selama 10 tahun, Spanyol banyak memberikan bantuan dan juga peralatan yang dapat menunjang peningkatan hasil perikanan seperti halnya bidang energi.
Sebelumnya mantan Gubernur Gorontaloitu mengatakan, tugas yang dibebankan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah agar Indonesia dapat memproduksi hasil laut terbesar pada 2015.

Diakuinya keinginan itu tidak mustahil karena Indonesia memiliki laut yang luas dan rakyat juga cukup banyak, meski Indonesia masih berada di posisi di bawah Vietnam.
Kunjungan resmi Menteri Kelautan ke Spanyol selama tiga hari hingga 23 Februari itu disertai Kepala Badan pengembangan SDM Sahala Hutabarat, Irjen Kementerian Perikanan dan Kelautan Hurni Manggabarani serta Sekretaris BPSDM, Iin S Djunaidah.

Selain itu ia juga disertai tiga pengusaha di bidang perikanan yang diharapkan akan dapat memperlancar penjualan produk perikanan Indonesia ke Spanyol.

Menurut rencana Senin (22/2) Fadel Muhammad beserta Menteri Perhubungan akan meninjau galangan Kapal Astilleros Gondan di Figueras, Asturias, sekitar satu jam dari Madrid dengan pesawat terbang.
Kapal latih perikanan Medidihang 03 yang merupakan proyek "Fisheries Training Development in Indonesia (FTDI) dibangun Galangan Kapal Gondan Asturias dibiayai bantuan pinjaman lunak dari pemerintah Spanyol kepada Pemerintah Indonesia.

Kapal latih tersebut guna mendukung proses pembelajaran dan praktek taruna di Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta dan juga unit Pelaksana Teknis Pendidikan lainnya di bawah Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan.

Dijadwalkan, Selasa (23/2) ke dua menteri akan melakukan temu usaha dengan para investor Spanyol di kantor CEOE (Spanish Confederation of Employers' Organizations) Diego de Leon, 50 - 28006 Madrid.
Pelaksanaan promosi investasi yang dikoordinasi KBRI Madrid bekerja sama dengan CEOE dalam upaya meningkatkan investasi Spanyol ke Indonesia, khususnya guna mendukung 15 program pilihan Kabinet Bersatu ke dua.

Fadel akan menyampaikan presentasinya mengenai situasi ekonomi Indonesia dan proyek-proyek yang ditawarkan dalam mendukung program pilihan Kabinet Bersatu II pada kementerian kelautan dan perikanan.

(U-ZG)
(T.H-ZG/B/S004/S004) 22-02-2010 08:25:15

Tidak ada komentar: