Senin, 08 Februari 2010

INDONESIA IKUT PAMERAN WISATA HOLIDAY WORLD PRAHA

INDONESIA IKUT PAMERAN WISATA HOLIDAY WORLD PRAHA

London, 8/2 (ANTARA) - Promosi Indonesia dengan mengedepankan berbagai keindahan, anjungan Indonesia tampil unik di tengah-tengah ratusan stand lainnya pada Pameran Wisata 'Holiday World 2010' yang di gelar di Praha, Ceko.

Tampil dengan umbul-umbul aneka warna dan payung Bali, patung Garuda dan Komodo, stand Indonesia mencolok di antara stand dari berbagai negara di Eropa, ujar Counsellor Pensosbudpar KBRI Praha, Republik Ceko Azis Nurwahyudi kepada koresponden Antara London, Senin.

Ia mengatakan, selama empat hari berturut-turut stand Indonesia selalu ramai dikunjungi calon wisatawan yang tertarik berlibur ke berbagai tempat di Indonesia.

Selain membagi-bagikan berbagai brosur wisata berbahasa Ceko mengenai tujuan wisata seperti Kalimantan, Sumatra dan Bali serta daerah lainnya, stand Indonesia juga mengelar foto-foto mengenai keindahan alam, kain tradisional dan kerajinan.

Selama pameran berlangsung juga ditampilkan tarian tradisional dari berbagai daerah di antaranya Tari Bajidor Kahot, Tari Cendarawasih dan Tari Rantak. Selain itu juga ditampilkan Tari Kayau dari Dayak Kalimantan.

Tarian tradisional yang ditampilkan masyarakat Indonesia di Ceko menarik minat pengunjung untuk mengetahui lebih banyak tentang Indonesia.

KBRI Praha bekerja sama dengan Aqua Travel menjual berbagai produk perjalanan ke Indonesia. Selama berlangsungnya pameran ratusan pengunjung mendaftarkan diri melalui travel tersebut.
Menurut Azis Nurwahyudi, selain itu tercatat transaksi tunai 70 paket dan sebagian besar calon wisatawan itu ingin melihat keindahan hutan tropis dan Orang Utan di Kalimantan, selain menikmati pantai yang indah di Bali dan Lombok.
Setiap tahun KBRI Praha mengikuti berbagai pameran wisata di Ceko seperti Go Travel, Holiday World dan Kolem Sveta dalam upaya mempromosikan Indonesia di wilayah Eropa Timur.

Holiday World merupakan pameran pariwisata terbesar di negara ini yang pada 2009 diikuti 701 stand, dari 47 negara dan dikunjungi seekitar 28.750 pengunjung.

Untuk pameran kali ini diperkirakan lebih banyak pengunjung karena digelar bersamaan dengan pameran wisata dari berbagai daerah di Ceko dan pameran Gastronomi.

Diharapkan dengan aktifnya promosi wisata, turis dari Ceko akan semakin banyak yang melakukan kunjungan ke Indonesia. Tahun lalu sekitar 2000 warga Ceko yang meminta visa ke KBRI Praha dan jumlah tersebut belum termasuk wisatawan yang memanfaatkan fasilitas visa on arrival (VoA), kata Azis.

(U-ZG)
(T.H-ZG/B/S004/S004) 08-02-2010 08:28:27

Tidak ada komentar: