Sabtu, 13 Februari 2010

Tim Lotus Formula Satu Malaysia Diluncurkan

Tim Lotus Formula Satu Malaysia Diluncurkan

Sabtu, 13 Pebruari 2010 18:50 WIB | Olahraga | Formula 1 | Dibaca 194 kali
London (ANTARA News) - Tim Lotus Formula Satu (F1) Malaysia, satu satunya Tim F1 Asia yang meramaikan musim balap 2010 Grand Prix F1, diluncurkan di London, Jumat malam. Tim Lotus akan mengikuti Grand Prix itu yang dimulai pertengahan Maret di sirkuit Sakhir, Manama, Bahrain.

Acara Peluncuran yang digelar di London`s Royal Horticultural Hall, London, mendapat liputan media masa Internasional yang khusus meliput cabang olahraga Formula Satu.

Ketua tim Formula Satu Lotus Malaysia, Tony Fernandes, kepada koresponden Antara London, mengatakan bahwa target Tim Formula Satu Malaysia tidak muluk-muluk yang penting dapat menyelesaikan setiap balapan.

Menurut Tony, timnya sudah bagus bisa menyelesaikan satu balapan aja, apalagi jika Tim Lotus dapat menyelesaikan seluruh seri termasuk di Sirkuit Sepang, Kuala Lumpur pada awal April mendatang.

"Saya tidak dapat membayangkan lima bulan lalu, hanya berupa impian, tapi saat ini antusias semua pihak membuat semuanya menjadi kenyataan,"ujar Tony Fernandes.


Menurut Tony, ia sudah tidak sabar untuk bisa menyaksikan tim nya berada di sirkuit Bahrain bersama mobil balapan lainnya. "Merupakan suatu tantangan buat kami semuanya," ujarnya.

Tony mengakui bahwa ia bangga bisa membawa kembali nama Lotus dalam balapan Formula Satu. Lotus berjaya 16 tahun lalu dalam berbagai seri Grand Prix .

Dalam acara peluncuran tersebut juga hadir Hazel, istri mendiang Chapman yang meninggal tahun 1982, dan pewaris nama Lotus, Clive Chapman serta beberapa mobil F1 Lotus yang bersejarah ikut dipamerkan dalam ruangan megah gedung Royal Horticultural Hall.

Umumkan nama pembalap
Dalam acara peluncuran yang berlangsung meriah itu Tony Fernandes mengumumkan nama tiga pembalap Lotus F1 team masing masing Jarno Truli dari Italia, Heikki Kovalainen dari Finlandia, dan pembalap Malaysia, Fairuz Fauzy.


Tony Fernandes, pemilik AirAsia, mengatakan bahwa penunjukan Jarno, Heikki, dan Fairuz sebagai pembalap dalam Tim Formula Satu Malaysia itu merupakan suatu testamen pada kualitas tim serta ambisi untuk dapat mengikuti Formula Satu.

Tony mengatakan bahwa Lotus menetapkan target yang realistis yang akan membawa kembali merek terkenal itu ke Formula Satu untuk pertama kalinya dalam 16 tahun.

Tony Fernandes berharap Tim nya akan dapat menyelesaikan setiap balapan selama musim Grand Prix yang akan berakhir di GP Abu Dhabi November mendatang.

Menurut Tony, prestasi yang berhasil diraihnya saat ini adalah berhasil mendapatkan entri di Grand Prix Formula Satu dan dapat menyelesaikan mobil hanya dalam waktu lima bulan.

"Prestasi yang kami miliki adalah berhasil menyelesaikan mobil dalam waktu lima bulan untuk mendapatkan sebuah entri yang tadinya hanya merupakan impian," ujarnya.

Tony mengarap secara serius tim Formula Satu dengan merekrut disainer F1 terkemuka, Mike Gascoyne, yang pernah bergabung dengan Renault dan Toyota.

Ia merasa bangga bisa kembali membawa nama Lotus dalam Formula Satu, dengan sejarah Lotus warna emas dan hijau yang dibuat oleh Jim Clark dan Graham Hill.

Lotus berjaya dan memenangi serangkaian balapan dan konstruktor sejak tahun 1960-an dan berakhir tahun 1994, ketika Tim Lotus mengalami masalah keuangan.

Sementara itu pembalap muda Malaysia Fairuz Fauzy mengatakan bahwa ia merasa bangga bisa membawa nama Malaysia dalam Grand Prix Formula Satu.

"Merupakan suatu tantangan bagi kami semuanya untuk bisa menyelesaikan setiap seri, " ujarnya dan itu tidak mustahil karena Tony Fernandes sendiri mengawali semuanya dari nol.

Acara peluncuran Tim Lotus Formula Satu Malaysia itu merupakan hasil rancangan yang dilakukan di Cologne dan uji windtunnel dengan model skala pertama mobil Formula Satu di Bologne, Italia. (U-ZG/A038)

Tidak ada komentar: