Jumat, 26 Februari 2010

MAHASISWA ASING DI CEKO NIKMATI FILM INDONESIA

MAHASISWA ASING DI CEKO NIKMATI FILM INDONESIA

London, 27/2 (ANTARA) - Sejumlah mahasiswa asing dari Ceko, Inggris, Portugis, Jerman, Slovakia dan Yunani yang tengah belajar di Metropolitan University Prague (MUP) dan Charles University menikmati film "Dunia Mereka" yang ditayangkan di Bioskop Mini KBRI Praha.

Counsellor Pensosbudpar KBRI Praha Ceko, Azis Nurwahyudi kepada koresponden Antara di London, mengatakan Sabtu, pemutaran film merupakan kegiatan rutin bulanan di KBRI Praha yang ditujukan untuk memperkenalkan Indonesia, selain mempererat hubungan antar masyarakat kedua bangsa.

Film "Dunia Mereka" karya sutradara Lasja Susatyo dengan bintang utama Adinia Rasti dan Christian Sugiono menceritakan problematika kehidupan remaja di Indonesia untuk meraih cita-citanya, sebagai pemain Band mampu memberikan wacana lain bagi para pemuda yang belum mengenal Indonesia.
Mahasiswa Hubungan Internasional dari Charles University, Jan Teply, mengatakan ternyata kehidupan anak muda Indonesia tidak berbeda dengan anak-anak muda di belahan dunia lainnya.

Selain itu George Agathos mahasiswa Studi Eropa di MUP yang berasal dari Yunani mengatakan film Indonesia tidak kalah mutunya dengan film dari negara negara Eropa atau Amerika yang selama ini disaksikannya.

Sementara itu Jaro Baran, mahasiswa asal Slovakia yang tengah menekuni Studi Indonesia di MUP mengatakan bahwa setelah melihat film itu, dirinya makin bersemangat untuk mengetahui lebih banyak tentang Indonesia.

KBRI Praha setiap tahun juga menyelenggarakan Festival Film Indonesia, dan pada Juni 2010 ini akan melakukan untuk yang keempat kalinya.

Kegiatan ini mendapat dukungan dan sambutan yang baik dari pemerintah Ceko, sekolah perfilman Ceko maupun masyarakat, termasuk dari tokoh perfilman Ceko seperti Jiri Menzel dan Vera Chytilova.

Pada pemutaran film Dunia Mereka, KBRI Praha juga mengelar diplomasi kuliner dengan menyuguhkan makanan khas Indonesia berupa Lontong Sayur dan aneka lauk tradisional, demikian Azis Nurwahyudi.

(U-ZG/B/b003/B003).


(T.H-ZG/B/B003/B003) 27-02-2010 01:18:22

Tidak ada komentar: