Kamis, 25 Februari 2010

PECINTA INDONESIA DI SLOVAKIA GELAR BUDAYA INDONESIA

PECINTA INDONESIA DI SLOVAKIA GELAR BUDAYA INDONESIA

London, 25/2 (ANTARA) - Sejumlah kaum muda pecinta Indonesia di Slovakia menggelar keunikan budaya Indonesia pada malam budaya Indonesia di Radio Slovakia, Bratislava yang kembali memesona masyarakat Slovakia.
"Puluhan warga Eropa bersama warga Indonesia tampil memukau saat memainkan musik gamelan membawakan lagu 'Gambang Suling' dari Jawa Tengah dan lagu 'Tota Helpa' dari Slovakia," ujar Sekretaris I KBRI Slovakia Wanton Saragih Sidauruk kepada koresponden ANTARA London, Kamis.

Ia mengatakan kedua lagu tersebut semakin unik dan menarik karena dimainkan dengan musik hasil kolaborasi alat musik gamelan dan alat musik modern berupa keyboard, flute, dan gitar.

Penampilan warga Slovakia dalam pagelaran seni dan budaya Indonesia itu meninggalkan kesan mendalam kepada lebih dari 300 pengunjung yang terdiri dari para Duta Besar negara-negara sahabat, pejabat pemerintah, dan kalangan masyarakat Slovakia lainnya.

Duta Besar RI untuk Slovakia, Harsha E. Joesoef, dalam sambutannya menyatakan pagelaran budaya tersebut diharapkan dapat menjembatani "Barat" dan "Timur" khususnya dapat meningkatkan "people to people contact" di antara kedua masyarakat Indonesia dan Slovakia.

Selain tampil memainkan musik gamelan, kaum muda Slovakia tersebut juga tampil membawakan tari Puspanjali dari Bali dan tari Rantak dari Sumatra Barat yang dibawakan dengan gerakan yang luwes dan indah.

Pagelaran gamelan dan tari telah menambah bobot acara malam budaya Indonesia yang merupakan bagian dari acara pameran lukisan Indonesia yang berlangsung di Radio Slovakia yang berlangsung hingga 5 Maret mendatang.

Seniman Barbora Paulovicova, mantan penerima beasiswa Darmasiswa Indonesia asal Slovakia, memamerkan hasil karya lukisannya yang menggambarkan potret seni, budaya, kehidupan masyarakat dan alam Indonesia seperti lukisan "Wayang Kamasan."
Beberapa dari pengunjung menyampaikan secara langsung apresiasi mereka kepada KBRI Bratislava atas kegiatan tersebut yang dinilai menarik dan mengesankan.(U-ZG)
(T.H-ZG/B/E011/E011) 25-02-2010 13:21:22

Tidak ada komentar: