Rabu, 04 Agustus 2010

Kampung Merdeka Praha,

Gegap Gempita di Kampung Merdeka Praha, Ceko

Rabu, 4 Agustus 2010 07:07 WIB | Hiburan | Seni/Teater/Budaya | Dibaca 447 kali
London (ANTARA News) - Gegap gempita mewarnai Kampung Merdeka warna merah putih menghiasi halaman bangunan kuno pintu gerbang KBRI Praha yang terletak di puncak bukit Smichov, Praha. Ceko.

Menjelang peringatan HUT RI ke-65, suasana KBRI Praha tanpak berbeda dengan biasanya dan disulap menjadi Kampung Merdeka, ujar KUAI/Counsellor Pensosbudpar KBRI Praha, Azis Nurwahyudi dalam keterangan persnya yang diterima Antara London, Rabu.

Dikatakannya acara Gempita Kampung Merdeka di KBRI Praha dimeriahkan oleh masyarakat dan sahabat Indonesia yang berada di Praha.

Mulai dari anak-anak balita hingga sesepuh yang telah puluhan tahun tinggal di Praha turut berbahagia menyambut HUT kemerdekaan RI yang dirayakan dengan kemeriahan seperti layaknya di kampung-kampung di tanah air.

Kemeriahan Gempita Kampung Merdeka yang diselenggarakan pada akhir pekan dimulai dengan pertandingan bulu tangkis, lomba karaoke KBRI Praha Idol 2010, tennis meja dan tarik tambang.

Sementara itu anak-anak turut bergembira dengan mengikuti aneka lomba seperti mewarnai gambar wayang dan binatang khas Indonesia, memasukkan pensil dalam botol, berebut kursi dengan musik, dan membawa bola.

Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, pada acara pembuka mengatakan kegiatan yang diadakan di Kampung Merdeka ini tidak saja diikuti oleh warga Indonesia yang tinggal di Ceko, tetapi juga oleh masyarakat Ceko yang menjadi sahabat Indonesia.

Setiap kegiatan yang diselenggarakan, selalu diikuti oleh warga Ceko keturunan Indonesia ataupun yang mencintai Indonesia. Beberapa mahasiswa Ceko yang belajar tentang Indonesia juga hadir dan turut memeriahkan acara Gempita Kampung Merdeka. Bahkan sejumlah warga yang tinggal di sekitar kantor KBRI juga hadir dan menyatu bersama masyarakat Indonesia.

Bismo Gondokusumo, Siswartono, Suyono, Dahlan dan para sesepuh warga Indonesia lain yang sudah puluhan tahun tinggal di Praha juga menyambut dengan antusias kegiatan Gempita Kampung Merdeka tahun ini.

Bismo merasa bahagia setelah menyaksikan generasi kedua dari warga Indonesia yang tinggal di Ceko juga turut menyemarakkan peringatan HUT RI ini. Tampak kebahagiaan Suyono yang meski sudah berusia senja masih semangat mengabadikan kegiatan ini melalui foto.

Puncak acara peringatan HUT RI tanggal 17 Agustus 2010, selain diselenggarakan upacara pengibaran bendera, juga akan dilakukan penyematan Bintang Jasa Pratama dari Presiden RI kepada Professor Zorica Dubovska (84), warga negara Ceko yang lebih dari 50 tahun berjasa memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia di Ceko.

Selain itu juga akan diselenggarakan pementasan rombongan budaya Jawa Barat pimpinan Dr. Tetet Cahyati dengan menampilkan tari tradisional, wayang golek, pameran foto dan batik, serta pemutaran film dokumenter Jawa Barat. (ZG/K004)

Tidak ada komentar: