Jumat, 27 Agustus 2010

"RAMADHAN FAIR" DI LONDON

MASYARAKAT INDONESIA DI LONDON GELAR "RAMADHAN FAIR"

London, 27/8 (ANTARA) - Masyarakat Indonesia di London menggelar acara "Ramadhan Fair" yang diprakarsi saudagar Minang pemilik toko kelontong East-West Sri Dewi bersama sang suami, Aak Firdaus Bustaman, di Birmingham, Inggris.

"Ramadhan Fair dan Charity Appeal" itu bertujuan mempromosikan dan mengenalkan makanan Indonesia dan keramahtamahan Indonesia ke seluruh dunia," ujar Sri Dewi kepada koresponden Antara London, Jumat.

Selain itu, katanya, "Ramadhan Fair" juga bertujuan mengumpulkan dana zakat, shadaqah, dan juga uang sumbangan buat korban bencana alam dan buat warga miskin, baik di Indonesia maupun di negara-negara lain.

Dikatakannya, "Ramadhan Fair" yang akan diadakan di Indonesia Islamic Centre (IIC), London, pada 5 September mendatang menyusul suksesnya penyelenggaraan acara yang sama yang diadakannya di Birmingham untuk pertama kalinya pada 2009.

Dalam "Ramadhan Fair dan Charity Appeal" 2010, Sri Dewi mengundang warga Indonesia yang ada di London untuk berpartisipasi dan mengisi acara dan menyediakan makanan Indonesia seperti Kang Ardhy dengan spesialisasi yang menjual bakso sapi, nasi ramas dengan Rendang Padangnya yang sudah dikenal di Inggris.

Sri Dewi mengatakan bahwa East-West juga menyediakan jasa pengiriman barang pindahan warga Indonesia di UK dengan kontainer ke Indonesia dalam tiga atau empat kali setahun dan menyediakan charity space sebanyak 5-10 meter kubik.

"Charity space ini digunakan bagi mereka yang menyediakan barang-barang bekas dan layak pakai buat warga miskin di Indonesia," ujar Sri Dewi yang sehari hari bekerja menjadi perawat di rumah sakit Birmingham.

Dalam "Ramadhan Fair", Sri Dewi mengajak "warung kita" yang dikelola Wihantari yang juga mengelola panti asuhan Ad Dhuha di Solo, serta mendukung "Chariot for Children", lembaga swadaya masyarakat yang memiliki proyek-proyek buat anak-anak miskin dan yatim piatu di Aceh dan di Ambon.

Ibu tiga anak yang masih kecil ini menjalin kerja sama dengan Indonesia Islamic Centre di London, charity register membuat wadah pengajian dan Islamic Study Centre buat warga Indonesia dan non Indonesia.

Selain itu juga menjalin kerja sama dengan IHSAN (Indonesian Humanitarian & Social Aid Network) yang mempunyai proyek kemanusiaan di Indonesia.

Diakuinya, acara "Ramadhan Fair and Charity Appeal" yang digelarnya tahun lalu untuk pertama kalinya berjalan dengan baik, dan berhasil mengumpulkan dana buat Ad Dhuha dan juga buat warga miskin di Indonesia.

Dalam acara "Ramadhan Fair" dijual berbagai makanan Indonesia mulai dari masakan Padang hingga dari Jawa dan diharapkannya akan menjadi cikal bakal "Ramadhan Fair" buat tahun-tahun selanjutnya.

East West Oriental yang dikelola Sri Dewi sang suami menyediakan beragam makanan Indonesia seperti Indomie, bumbu-bumbu Finna dan Indofood, teh sosro, kerupuk palembang, kerupuk emping dan lain-lain.

Pada saat bersamaan juga menggalang zakat, fitrah, shadaqah dan uang sumbangan yang akan dikirimkan untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan dan juga korban banjir di Pakistan, demikian Sri Dewi. ***4***
(U.H-ZG/C/A041)
(T.H-ZG/C/A041/A041) 27-08-2010 10:44:57

Tidak ada komentar: