Selasa, 02 Agustus 2011

"ASEAN FAMILY DAY"

KBRI BERN GELAR "ASEAN FAMILY DAY"

London, 3/8 (ANTARA) - KBRI Bern memprakasai penyelenggaraan "ASEAN Family Day 2011" bekerjasama dengan kedutaan besar negara-negara ASEAN, antara lain, Filipina, Malaysia, Thailand dan Vietnam serta didukung Kedubes Laos untuk Jenewa.

ASEAN Family Day ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan perwakilan negara-negara ASEAN yang terakreditasi kepada Swiss, demikian keterangan pers KBRI Bern yang diterima ANTARA London, Rabu.

Sorak sorai penonton mengiringi saat bendera ASEAN dikibarkan di Wisma Duta KBRI Bern, sebelum diadakan acara olahraga ringan dan permainan khas negara ASEAN, selain menampilkan permainan tradisional serta pertunjukkan ragam budaya ASEAN, melalui tari dan musik tradisional negara ASEAN.
"ASEAN Family Day 2011" juga menyuguhkan berbagai jenis hidangan khas ASEAN, yang terkenal di Swiss, diantaranya sate ayam dan nasi kuning (Indonesia), ayam adobo dan pansit (Filipina), som tam dan pad thai (Thailand) serta spring rolls khas Vietnam.

Peresmian kegiatan ditandai pemotongan tumpeng oleh Duta Besar Indonesia di Bern, Djoko Susilo, yang bertindak selaku tuan rumah pada kesempatan perdana ini.

Dubes Djoko menyampaikan mengenai visi terbentuknya Komunitas ASEAN tahun 2015. Untuk itu, perwakilan ASEAN di Swiss terus berupaya meningkatkan pemahaman dan penghargaan antarsesama negara ASEAN dengan latar belakang budaya yang berbeda untuk mempererat tali persaudaraan di antara komunitas ASEAN di Bern.

Diharapkan dengan diawali dengan kegiatan ini, akan lebih banyak kegiatan yang dilakukan bersama oleh perwakilan ASEAN yang terakreditasi kepada Swiss untuk mempromosikan ASEAN sebagai suatu organisasi regional di Swiss.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 175 orang termasuk pejabat pemerintah Swiss, duta besar negara sahabat, Duta Besar ASEAN di Bern, perwakilan dari Kedubes Laos di Jenewa dan anggota keluarga besar kedubes ASEAN di Bern.

Kehadiran pejabat penting dari Kemlu Swiss menunjukkan posisi ASEAN sebagai mitra penting bagi Swiss.
Kawasan ASEAN menduduki peringkat keempat ekspor Swiss dan berada dalam peringkat kedua dalam ukuran volume perdagangan dengan Swiss. Kepentingan Swiss terhadap ASEAN juga ditunjukkan melalui penunjukan Duta Besar Swiss di Jakarta sebagai Duta Besar untuk ASEAN sejak tahun 2009. ***6*** (ZG)
(T.H-ZG/C/S023/S023) 03-08-2011 10:55:19

Tidak ada komentar: