Rabu, 17 Agustus 2011

SEMANGAT MERAH PUTIH DI ATHENA

SEMANGAT MERAH PUTIH MENGELORA DI ATHENA

London, 18/8 (ANTARA) - Lagu-lagu perjuangan berkumandang pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-66 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan KBRI Athena di Wisma Duta Rabu.

Upacara bendera dilaksanakan di halaman depan Kediaman Resmi Duta Besar RI, yang dihiasi kain berwarna merah putih. Tampak pula dari kejauhan logo besar bertuliskan angka 66 menghiasi dinding depan Wisma Duta.

Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Athena Jani Mediawati Sasanti kepada Antara London, Rabu, mengatakan suasana perayaan HUT RI sangat semarak karena kehadiran kaum wanita dan warga masyarakat yang umumnya adalah Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT), yang mengenakan busana nasional bernuansa merah putih.

Meski para peserta tengah menjalankan ibadah puasa, peringatan upacara berlangsung dengan tertib dan khidmat.

Cuaca terik matahari mencapai 38 derajat di kota Athena dan sekitarnya, tidak menyurutkan langkah tegap tiga pelajar Indonesia saat mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

Duta Besar RI untuk Yunani, Ahmad Rusdi dalam pidatonya di depan 200 peserta upacara yang terdiri dari staf dan warga masyarakat Indonesia di Yunani menggarisbawahi berbagai keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah RI.

Pemerintah memprioritaskan pembangunan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, mewujudkan kehidupan berdemokrasi yang stabil dan semakin berkwalitas serta menegakkan hukum dan keadilan yang semakin merata, ujarnya.

Mengutip pidato Presiden RI di depan DPR pada 16 Agustus 2011 mengenai raihan Indonesia selama ini, Dubes mengatakan Indonesia tampil sebagai salah satu negara demokrasi yang paling stabil dan mapan di Asia dan sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.

Di Asia Tenggara, Indonesia tercatat sebagai negara dengan skala ekonomi terbesar.

Sementara menyinggung keketuaan Indonesia di ASEAN, Dubes Rusdi meminta masyarakat untuk ikut menyukseskannya terutama menyongsong pelaksanaan KTT ke-19 ASEAN dan KTT terkait lainnya yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan November mendatang.

Dubes Rusdi juga menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada seluruh warga masyarakat Indonesia di Yunani yang tergabung dalam Ikatan Kerukunan Keluarga Indonesia di Yunani (IKKIY), yang dukungan berbagai kegiatan yang dilakukan KBRI seperti promosi budaya, wisata dan kegiatan lainnya.

Mengingat maraknya aksi mogok kerja dan unjuk rasa di Athena, Dubes RI, menghimbau kepada warga Indonesia lebih berhati-hati dan senantiasa melakukan kontak dengan sesama warga Indonesia dan KBRI.

Dubes menyampaikan penghargaan atas semangat warga Indonesia yang pada September 2011 nanti akan menempuh Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka atas kerjasama UT dengan KBRI Athena.

Pada akhir upacara seluruh peserta bersilaturahmi di dalam Wisma Duta untuk menerima bingkisan dan menyaksikan acara pemberian penghargaan dan hadiah diselingi dengan lagu-lagu perjuangan dan daerah.

KBRI juga memberikan penghargaan kepada warga masyarakat yang dinilai menjadi teladan dengan kriteria penilaian yang mencakup moralitas, loyalitas, legalitas, kepribadian, kerja sama, partisipasi aktif, kepedulian pada masyarakat, kreativitas, komitmen, kesopanan, keramahan dan kerapihan.

Terpilih sebagai masyarakat teladan Ronny Christanto dan Siti Sampin yang bekerja lebih dari 10 tahun. Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya bertujuan memicu semangat warga Indonesia di Yunani menjadi contoh dan teladan di komunitas setempat serta memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia.

***6***
(T.H-ZG/B/T010/T010) 18-08-2011 06:53:56


Tidak ada komentar: