Selasa, 02 Agustus 2011

MANASIK HAJI

WARGA INDONESIA GELAR MANASIK HAJI DI LONDON

London, 1/8 (ANTARA) - Memasuki bulan suci Ramadhan , warga Indonesia di Kerajaan Inggris Raya menggelar acara bazar Ramadhan dan sekaligus penyelenggaraan manasik haji di Indonesia Islamic Centre (IIC) yang berlokasi di Colindale, London, Minggu siang.

Minat warga Indonesia di Inggris untuk menunaikan ibadah haji dan umroh cukup tinggi, terbukti untuk tahun ini sudah tercatat lebih dari 20 orang yang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini, kata pimpinan rombongan haji yang juga Ketua Muslimat NU di Inggeris , Hajjah Afrahul Fadhilah kepada Antara London, inggu.
Sementara itu Manajer Haj dan Umra Travel Limited yang akan membantu warga Indonesia dalam menunaikan ibadah haji, Ali Jafari menjelaskan bahwa perusahaan biro perjalanannya telah membantu pelaksanaan haji untuk masyarakat Inggris sudah lebih dari 50 tahun.

"Kami bukan biro perjalanan yang tidak hanya mencari keuntungan, justru kami sangat senang bisa membantu masyarakat Indonesia yang akan menunaikan ibadah haji untuk tahun ini,"kata Ali Jafari.

Menurut Ali Jafari, setiap tahunnya biro penyelenggaraan haji memberangkatkan sekitar 500 orang calon jemaah haji dari Inggris dan bahkan perusahaannya merupakan tur operator pertama yang menawarkan wisata ziarah dari Inggris.

Dikatakannya , selama ini pihaknya telah membantu dan bekerja sama dengan Afrahul Fadhilah dalam melaksanakan baik ibadah haji maupun umroh bagi warga Indonesia yang ada di Inggris.

"Saya harap kerja sama ini akan terus berlanjut dimasa datang," ujarnya.

Sementara itu Hj. Afrahul Fadhilah, pimpinan rombongan haji yang juga Ketua Muslimat NU UK mengatakan bahwa melaksanakan haji ke tanah suci dari Inggris lebih mudah ketimbang dari Indonesia yang harus menunggu lama.

Pelaksanaan haji yang dilakukannya untuk ketiga kalinya ini berlangsung dengan lancar, meskipun pada awal awalnya banyak juga yang menyangsikan dirinya apakah bisa membantu warga Indonesia di Inggris untuk melaksanakan ibadah dari rukun Islam yang ke lima.


Bazar Ramadhan
Dalam acara Bazar Ramadhan yang diikuti oleh warga Indonesia di Inggris diantaranya toko kelontong Eastwest Oriental milik Sri Dewi dan sang suami Aak Firdaus menyediakan berbagai kebutuhan untuk Ramadhan bagi umat muslim Indonesia yang ada di Inggris.

Sri Dewi mengakui bahwa produk makanan Indonesia tidak saja diminati masyarakat Indonesia yang ada diperantauan tapi juga masyarakat Inggris yang sudah mulai merasakan nikmatnya makanan Indonesia.

"Banyak wanita Indonesia yang menikah dengan warga Inggris yang suaminya sangat suka makanan Minang," katanya.

Menurut Dewi, dalam bulan suci Ramadhan selain mengadakan bazar menjual berbagai bahan makanan Indonesia juga melakukan pengumpulan dana bagi anak anak yatim yang disalurkan melalui Chariot fo the Children.

Selain menjual kebutuhan , sehari hari bazaar Ramadhan juga menyediakan makanan matang berupa ayam bakar yang disajikan Nizma Agustjik yang habis terjual serta rendang padang, dendeng batokok dan bakso yang disajikan Kang Ardhy Brookman, juga dijual baju muslim dan jilbab yang beraneka warna. ***6***
(ZG) /B/A011
(T.H-ZG/B/A011/A011) 01-08-2011 07:04:52

Tidak ada komentar: