2.500 PENGUNJUNG HADIRI BAZAR
AMAL SOLIDARIO MADRID
Oleh Zeynita Gibbons
London, 3/7 (Antara) - Bazar amal "Solidario de Indonesia
2013" dengan tema "La Exotica Cocina Indonesia" yang digelar
KBRI Madrid berhasil menghadirkan lebih dari 2.500 pengunjung dari berbagai kalangan masyarakat Spanyol dan
Indonesia di Madrid dan sekitarnya.
Penyelenggaraan bazar tahun ini juga
mendapat perhatian dari sejumlah duta besar asing di Spanyol serta Direktur
Jenderal Amerika Utara dan Asia Pasifik Luis Felipe Fernández de la Peña,
demikian Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Madrid Theodorus Satrio Nugroho
kepada Antara London, Rabu.
Ia mengatakan bazar amal yang digelar
untuk ke-14 kalinya itu diikuti 14 stand makanan dan minuman serta 13 stand
barang kerajinan khas Indonesia. Selain itu, bazar juga menyediakan 12 jenis kopi
asal Indonesia yang disponsori Bandar Kopi,
Sementara itu, Kelompok Tari SMA Al Azhar
BSD Jakarta yang mengikuti Festival Tari dan Kesenian Rakyat Internasional di
Lloret de Mar ikut memeriahkan bazar dengan menampilkan Tari Saman, Tari Tarek
Pukat dan Tari Rapai Geleng dari Nangroe Aceh Darussalam.
Dikatakannya, sebagai bagian dari
promosi budaya, stand KBRI Madrid juga mempromosikan buku "Laskar
Pelangi" yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Spanyol yang dimininati
pengunjung.
Bazar Solidario de Indonesia 2013
bertujuan untuk mengumpulkan dana dari
hasil penjualan undian , sumbangan dan sponsor yang akan disalurkan melalui Yayasan Nusantara yang berpusat di
Madrid. Jumlah donasi yang terkumpul kurang lebih sebesar 8.000 dolar AS.
Penerima donasi dari hasil bazar tahun
lalu diantaranya Yayasan Tebar Iman, Yayasan Taqwa Bakti, Yayasan Fikri Akbar,
SDN 05 Jaho, Tanah Datar, Sumatera Barat, SOS Children´s Village Bali, SOS
Children´s Village Banda Aceh, SOS Children´s Village Medan, Pondok Pesantren
Salaf Darul Musthofa Al-Mukhtar dan Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah.
Menurut Theodorus Satrio Nugroho,
jumlah pengunjung bazar tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu dan jumlah penjualan makanan juga
mengalami peningkatan. Hal ini sebagai hasil dari pelaksanaan publikasi dan
promosi bazar dengan jangkauan yang lebih luas dan dilakukan jauh sebelum
penyelenggaraan bazar.
Penyelenggaraan bazar semacam ini
merupakan sarana mempromosikan budaya Indonesia dan mempererat hubungan
bilateral Indonesia-Spanyol dimasa datang KBRI Madrid akan mengelar kegiatan
yang sama secara rutin dengan mengangkat tema yang berkaitan dengan nilai-nilai
budaya Indonesia. ***4***
(T.H-ZG/B/Farochah/Farochah)
03-07-2013 08:54:31
Tidak ada komentar:
Posting Komentar