Senin, 08 Juli 2013

MADRID



2.500 PENGUNJUNG HADIRI BAZAR AMAL SOLIDARIO MADRID

     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 3/7 (Antara) -  Bazar amal "Solidario de Indonesia 2013" dengan tema "La Exotica Cocina Indonesia" yang digelar KBRI Madrid berhasil menghadirkan lebih dari 2.500 pengunjung  dari berbagai kalangan masyarakat Spanyol dan Indonesia di Madrid dan sekitarnya. 
    Penyelenggaraan bazar tahun ini juga mendapat perhatian dari sejumlah duta besar asing di Spanyol serta Direktur Jenderal Amerika Utara dan Asia Pasifik Luis Felipe Fernández de la Peña, demikian Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Madrid Theodorus Satrio Nugroho kepada Antara London, Rabu.

         Ia mengatakan bazar amal yang digelar untuk ke-14 kalinya itu diikuti 14 stand makanan dan minuman serta 13 stand barang kerajinan khas Indonesia. Selain itu, bazar juga menyediakan 12 jenis kopi asal Indonesia yang disponsori Bandar Kopi,
    Sementara itu, Kelompok Tari SMA Al Azhar BSD Jakarta yang mengikuti Festival Tari dan Kesenian Rakyat Internasional di Lloret de Mar ikut memeriahkan bazar dengan menampilkan Tari Saman, Tari Tarek Pukat dan Tari Rapai Geleng dari Nangroe Aceh Darussalam.

         Dikatakannya, sebagai bagian dari promosi budaya, stand KBRI Madrid juga mempromosikan buku "Laskar Pelangi" yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Spanyol yang dimininati pengunjung.

         Bazar Solidario de Indonesia 2013 bertujuan untuk mengumpulkan dana  dari hasil penjualan undian , sumbangan dan sponsor yang akan disalurkan  melalui Yayasan Nusantara yang berpusat di Madrid. Jumlah donasi yang terkumpul kurang lebih sebesar 8.000 dolar AS.

         Penerima donasi dari hasil bazar tahun lalu diantaranya Yayasan Tebar Iman, Yayasan Taqwa Bakti, Yayasan Fikri Akbar, SDN 05 Jaho, Tanah Datar, Sumatera Barat, SOS Children´s Village Bali, SOS Children´s Village Banda Aceh, SOS Children´s Village Medan, Pondok Pesantren Salaf Darul Musthofa Al-Mukhtar dan Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Islamiyah.

         Menurut Theodorus Satrio Nugroho, jumlah pengunjung bazar tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan  tahun lalu dan jumlah penjualan makanan juga mengalami peningkatan. Hal ini sebagai hasil dari pelaksanaan publikasi dan promosi bazar dengan jangkauan yang lebih luas dan dilakukan jauh sebelum penyelenggaraan bazar.

   
Penyelenggaraan bazar semacam ini merupakan sarana mempromosikan budaya Indonesia dan mempererat hubungan bilateral Indonesia-Spanyol dimasa datang KBRI Madrid akan mengelar kegiatan yang sama secara rutin dengan mengangkat tema yang berkaitan dengan nilai-nilai budaya Indonesia. ***4***
(T.H-ZG/B/Farochah/Farochah) 03-07-2013 08:54:31

:37

Tidak ada komentar: