Minggu, 14 Juli 2013

PARIS



TIM INDONESIA RAIH PENGHARGAAN LE MEILLEUR DI KARNAVAL PARIS

        London, 11/7 (ANTARA) - Tim Indonesia yang menampilkan busana berbagai daerah meraih penghargaan Le Meilleur Costume de Group Invitee  atau Kostum Terbaik untuk Kelompok Tamu atas partisipasi Indonesia pada Carnaval Tropical de Paris 2013 yang diadakan di Paris, Prancis.

       Carnaval Tropical de Paris 2013 diikuti lebih dari 4.000 peserta, dihadiri lebih dari 200 ribu penonton yang datang dari berbagai daerah di Prancis, kata Sekretaris Kedua Pensosbud KBRI Paris Agus Badrul Jamal kepada ANTARA, Rabu malam.

       Pada Carnaval Tropical de Paris 2013, KBRI Paris mengundang tim kesenian Citra Kembara dari Padang, Sumatera Barat pimpinan Ibu Hj. Fauriza yang menampilkan kesenian Tabuik dan Tari Payung.

       Tim Karnaval Indonesia pada tahun 2013 secara khusus memperkenalkan kesenian Tabuik dengan delapan orang artis kepada masyarakat Prancis.

       Selain tim kesenian Citra Kembara, tim karnaval Indonesia yang berjumlah 80 orang didukung tim pencak silat asuhan Alit Suhana, Asosiasi Sekar Jagat Indonesia pimpinan Putu Anggawati dan Pelajar Indonesia Indonesia (PPI) serta warga masyarakat Indonesia di Prancis.

       Karnaval dimulai dari Place de La Nation di Paris 11 dan menyusuri jalan-jalan utama di daerah Paris 11 seperti Boulevard Voltaire, Rue de La Roquette, Avenue Philippe-Auguste dan berakhir di Place de La Nation.

       Di sepanjang jalan rute karnaval, tim dari berbagai daerah di Prancis dan negara-negara undangan, menampilkan atraksi secara bergiliran, khususnya di pusat keramaian.

       Di hadapan ribuan penonton, tim karnaval Indonesia mempersembahkan tari Payung diiringi tetabuhan gendang tabuik, dan pada saat yang bersamaan tabuik besar dan kecil terlihat menari-nari di atas pundak para pelajar Indonesia.

       Di barisan berikutnya, dipertunjukkan jurus-jurus pencak silat diselingi peragaan jurus-jurus silat dalam pertarungan yang disambut kagum dan tepuk tangan meriah para penonton.

       Pada barisan berikutnya, tim Sekar Jagat Indonesia sebanyak 30 orang melenggang dengan membawa pajegan di atas kepala.

       Atraksi bertambah semarak dengan irama beleganjur dari warga masyarakat Indonesia yang berdomisili Belanda, Belgia dan Jerman yang datang khusus meramaikan tim karnaval Indonesia. 
  Pada Carnaval Tropical de Paris 2013, tim Karnaval Indonesia mendapat dukungan Duta Besar RI di Paris, Rezlan Ishar Jenie dan Ny Rally Jenie yang ikut berjalan sepanjang lebih dari 4,5 km bersama-sama peserta karnaval.

       Selain mengikuti Carnaval Tropical de Paris, tim kesenian Citra Kembara selama di Paris mengadakan pertunjukan di Lycée Schuman, Le Havre dengan menampilkan beberapa tari-tarian Minangkabau, tari saman dan pertunjukan teatrikal cerita Datuk Maringgih dan Siti. Penampilan tim kesenian Citra Kembara mendapat sambutan dari masyarakat Perancis di Le Havre dan Paris.

       Keikutsertaan KBRI Paris pada Carnaval Tropical de Paris 2013 dan penampilan kesenian tradisional Indonesia di beberapa tempat di Prancis diharapkan dapat peningkatan kunjungan wisatawan Perancis ke Indonesia, yang dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan.

       Pada tahun 2012, wisatawan Prancis tercatat 189.167 orang atau meningkat sembilan persen dibandingkan 2011 sebanyak 170. 532 orang. Wisatawan Perancis menempati urutan kedua terbesar dari Eropa Barat setelah Inggris.

    ***4***
(T.ZG)
(T.H-ZG/A/M. Suratmadi/M. Suratmadi) 11-07-2013 01:32:42

               

Tidak ada komentar: