Senin, 29 Juli 2013

SWEDIA


MUSLIM DI STOCKHOLM PUASA SELAMA 20 JAM

Jakarta, 22/7 (Antara) - Meskipun umat Islam di Swedia harus berpuasa selama 20 jam tetapi tidak membuat mereka menjadi surut, melainkan justru menjalani ibadah di bulan Ramadhan itu dengan lebih bermakna.

Pengurus Keluarga Pengajian Al Ikhlas, Setia Pramana di Stockholm kepada Antara, Senin, menyebutkan bulan Ramadhan yang mulia kali ini dirasakan berbeda oleh kaum muslim yang bemukim di kawasan Eropa tersebut.

Hal itu karena di kawasan tersebut saat ini bertepatan dengan musim panas, sehingga siang harinya lebih panjang dari pada waktu malam.

Dikatakan bahwa tantangan umat Islam yang tinggal di negara-negara berdekatan dengan kutub utara seperti Swedia dan Norwegia, kini menjadi lebih berat.

Di Stockholm, ibu kota negara yang menjadi tempat kediaman keluarga raja Swedia, umat Islam berpuasa selama hampir 20 jam antara pukul 02.00-20.00. Di kota kota bagian utara seperti Kiruna, kaum muslim bahkan merasakan puasa selama hampir 23 jam.

Puasa yang panjang dan cukup berat ini tidak menyurutkan semangat umat Islam di Stockholm dan sekitarnya untuk menyemarakkan Ramadhan dengan pengajian, serta berbuka puasa bersama.

Seperti dilakukan oleh Keluarga Pengajian Al Ikhlas setempat, yang menggelar scara berbuka puasa bersama di Wisma Duta Indonesia Stockholm atas undangan Dubes RI untuk Swedia dan Latvia D.M.Juniarta Sastrawan.

Dalam sambutannya yang di sampaikan Kepala Kanselerai Iskandar Hadrianto, Dubes menyatakan program pengajian serta buka puasa bersama adalah program KBRI untuk menaungi keberagaman masyarakat Indonesia. Penggunaan Wisma Duta menunjukkan bahwa tempat tersebut adalah milik bersama.

Tausyiah disampaikan oleh Ustadz H. Jatmiko Danurejo yang membahas mengenai bagaimana meningkatkan kualitas puasa. Salah satunya dengan memperdalam Al Quran baik bacaan maupun artinya.

Puasa yang intinya menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan serta menghindari perbuatan buruk itu diharapkan dapat menjadikan umat Islam lebih dekat kepada Allah dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam ceramahnya Ustadz H. Jatmiko Danurejo juga membahas mengenai beberapa keutamaan bulan Ramadhan. Pertama pintu-pintu Syurga dibuka dan jalan ke neraka ditutup.

Kedua terdapat malam yang lebih baik dari pada seribu bulan dan ketiga bulan Ramadhan penghapus dosa sebelumnya dan di masa lalu, keempat pahala yang berlimpah.

Masyarakat yang tergabung dalam Keluarga Pengajian Al Ikhlas, sebagai salah satu wadah silahturahmi umat Islam Indonesia di Stockholm, sangat antusias menyimak tausyiah dan berdiskusi meski waktu puasanya hingga cukup malam. (ZG)
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 22-07-2013 05:06:49

Tidak ada komentar: