Jumat, 18 September 2015

BUDAPEST

FORUM BISNIS RI-HONGARIA JARING INVESTOR DI BUDAPEST
     Zeynita Gibbons

      London, 18/9 (Antara) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Budapest bekerjasama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI mengelar "Indonesia-Hongaria Business Forum" dan "Matchmaking 2015" dalam upaya menjaring investor Hongaria untuk menanamkan modal di Tanah Air.

           "Forum bisnis itu menjadi sarana diseminasi investasi di Indonesia bagi kalangan dunia usaha di Hongaria sekaligus sebagai media untuk melakukan "business to business meeting" antara pengusaha dari kedua negara," kata Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Budapest, Krisna D Hardiyani kepada Biro Antara, di London, Kamis.

           Menurut Krisna, melalui dukungan dari Indonesian Trade and Promotion Center Budapest, forum ini berhasil menjaring puluhan pengusaha Hongaria yang tertarik untuk berinvestasi dan berbisnis di Indonesia.

           Dubes RI untuk Hongaria,  Wening Esthyprobo, menyampaikan  forum tersebut menandai sebuah kesempatan penting untuk lebih lanjut mengembangkan hubungan perdagangan dan investasi yang tumbuh diantara kedua negara.

         "Indonesia dan Hongaria bersama-sama memiliki semangat dan komitmen yang tinggi untuk meningkatkan neraca perdagangan kedua negara," ujar Wening.  
     Forum bisnis yang digelar di Novotel Hotel Budapest Centrum, Hongaria itu, diikuti pengusaha di bidang konstruksi dan pembuatan mesin industri pengolahan kopi dan pengusaha lain yang melakukan  penjajakan kerjasama di bidang alat kesehatan, pembuatan mesin pengolahan biji coklat serta impor biji kopi arabika ke Hongaria.

          Selain itu, beberapa pengusaha Hongaria di bidang handicraft melirik kesempatan melebarkan usahanya melalui upaya impor sejumlah barang kerajinan dari Bali.  
     Direktur Pemberdayaan Usaha BKPM, Pratito Soeharyo menyatakan, animo dan antusiasme pengusaha Hongaria terhadap iklim investasi di Indonesia terbilang tinggi
     "Para investor Hongaria secara aktif menggali lebih dalam informasi tentang program pelayanan investasi terpadu melalui satu pintu (one stop service) serta mendatangi klinik konsultasi bisnis yang disediakan oleh BKPM RI," kata Pratito.

           Forum diseminasi investasi ini diperkuat oleh promosi produk unggulan Indonesia dengan memamerkan sejumlah komoditas produk unggulan seperti biji kopi, barang kerajinan tradisional dan perhiasan.

           Hadir pada forum tersebut beberapa pejabat penting dari Kementerian dan Instansi perdagangan di Hongaria, antara lain Direktur Jenderal Departemen Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria, Presiden Kadin Budapest, dan wakil Presiden Badan Investasi dan Promosi Hongaria.(ZG)
***3***

(T.H-ZG/B/R. Sinaga/R. Sinaga) 18-09-2015 15:14:52

Tidak ada komentar: