Rabu, 30 September 2015

PARIS

KBRI PARIS LANCARKAN DIPLOMASI DALAM COLOURFUL INDONESIA
     Zeynita Gibbons
    Paris, 28/9 (Antara) - Lagu Prancis "Je ne Regrete Rien" yang dilantunkan penyanyi Tanah Air, Endah Laras, menandai diplomasi budaya yang dilancarkan KBRI Paris pada festival bertema Colourful Indonesia di Pavillion Dauphine, Paris, Minggu (27/9) Siang.

         Endah Laras dengan iringan ukulele membuka acara bersama pemain musik Sasando asal Nusa Tenggara Timur pada Festival Indonesia yang dihadiri lebih dari 1.500 orang itu.

         Festival itu menampilkan pameran batik dan tenun, demo memasak, pameran produk Indonesia dan bazar serta pentas budaya dan demo tenun ikat oleh Alfonsa Horeng, Ikat Flores.

         Duta Besar RI untuk Paris, Hotmangaradja MP Pandjaitan mengatakan festival Colourful Indonesia yang terbesar selama ini di Prancis bertujuan untuk lebih mendekatkan hubungan masyarakat Indonesia yang ada di Paris dengan warga setempat. "Kami ingin melancarkan people to people contact," ujarnya.

         Dikatakan, acara festival Colourful Indonesia, merupakan kombinasi pementasan budaya dan promosi kuliner serta pameran kain batik dan tenun tradisional dari seluruh daerah di Indonesia, ujarnya menambahkan dengan digelarnya bazar kuliner berbagai masakan dan produk diharapkan dapat meningkatkan hubungan Indonesia-Prancis.

         "'Its wonderful' penampilan kebudayaan yang beragam dalam suasana yang penuh keakraban," ujar salah satu pengunjung Colour of Indonesia, Jerome Cantiant, Direktur Audit Eramet kepada Antara London.

         Dikatakannya Budaya Indonesia cukup dikenal di kalangan masyarakat Pranciis yang datang dari berbagai daerah di sekitar yang berbaur dengan masyarakat Indonesia yang lama menetap di Paris.

         Dalam acara Colourful Indonesia juga ditampilkan sebanyak 60 kain batik dan tenun dari berbagai daerah di Indonesia yang merupakan kolekasi dari perancang busana Oscar Lawalata menyambut undangan yang ingin menyaksikan berbagai budaya Indonesia.

         Di awal acara ditampilkan Tarian Penyembrama yang merupakan tari selamat datang dilanjutkan dengan tari Saman yang mencerminkan pendidikan, keagamaan, serta penampilan tari Suraningpati, dan Buddayah.

         Seniman dan penyanyi Endah Laras dengan musik keroncong berhasil mengobati rasa kerinduan masyarakat Indonesia akan kesenian dan juga keberagaman kuliner. "Suatu kehormatan buat saya bisa tampil menghibur pada pengunjung dari berbagai daerah yang ada di Prancis," ujar Endah Sri Murwani atau lebih dikenal dengan nama Endah Laras.

         Sementara itu Oscar Lawalata mengakui kesenangannya dalam mempelajari berbagai jenis kain tenun dan batik Indonesia membuat keinginannya untuk menampilkan keindahan kain batik dan kain tenun asal Indonesia di salah satu kota mode, Paris.

         Acara Festival Colouful Indonesia menghadirkan permainan angklung interaktif yang menampilkan lagu berbahasa Prancis yang membuat pengunjung sangat mengapresiasi acara yang digelar KBRI Paris.

         Acara itu juga dihadiri oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, dan Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timteng, Amerika dan Afrika, Direktur Promosi Pariwisata Luar Negeri Nia Niscaya.

         Permainan gamelan yang sebagian besar menampilkan masyarakat Prancis membuat acara yang didukung Kementerian Pariwisata dan juga Kementerian Pendidikan serta berbagai sponsor menyediakan doorprize bagi pengunjung yang beruntung itu semakin meriah. ***4***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 28-09-2015 06:19:19

Tidak ada komentar: