Rabu, 30 September 2015

FINLANDIA

BAHASA INDONESIA JADI PILIHAN MAHASISWA DI FINLANDIA
     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 28/9 (Antara) - Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata kuliah bahasa asing pilihan bagi para mahasiswa di Turun Yliopisto (Universitas Turku) Finlandia yang akan diajarkan mulai tahun ajaran baru Agustus 2016.

         Kesepakatan tersebut disampaikan Rektor Universitas Turku, Profesor Kalervo Väänänen dalam pertemuan dengan Dubes RI Helsinki, Elias Ginting, di Turku, demikian dilaporkan Sekretaris Pertama Bidang Pensosbud KBRI Helsinki, Made P. Sentanajaya kepada Antara London, Senin.

         Rektor Väänänen secara khusus mengundang Dubes Elias Ginting,  untuk membahas rencana pengajaran Bahasa Indonesia tersebut mengingat semakin meningkatnya minat masyarakat Finlandia untuk mempelajari bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa yang digunakan oleh kurang lebih 320 juta penutur di dunia.

         Menurut Direktur Pusat Bahasa Universitas Turku, Mike Nelson, yang turut mendampingi Rektor Väänänen dalam pertemuan tersebut, Bahasa Indonesia akan ditawarkan kepada mahasiswa di Universitas Turku sebagai mata kuliah bahasa asing pilihan bersama-sama dengan bahasa asing lain seperti Bahasa Spanyol, Prancis, Jerman, Jepang, Tiongkok/China dan Rusia.

         Keinginan Universitas Turku tersebut ditanggapi dengan baik oleh Dubes RI Helsinki, yang juga menyatakan kesediaannya untuk turut memfasilitasi tenaga pengajar dan bahan ajar untuk pembukaan mata kuliah baru tersebut. Pengajaran bahasa Indonesia di Universitas Turku dipandang sebagai upaya yang sangat strategis untuk semakin memperkenalkan Indonesia di kalangan masyarakat Finlandia terutama para mahasiswa.

         Universitas Turku merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Finlandia dengan jumlah mahasiswa sebanyak 25.000 orang dan mahasiswa internasional sekitar 1.000 orang. Pengajaran mata kuliah bahasa Indonesia sebagai mata kuliah bahasa asing pilihan di Universitas Turku akan merupakan yang pertama kali diadakan di Finlandia. ***4***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 28-09-2015 05:12:52

Tidak ada komentar: