Jumat, 18 September 2015

UTHREA

GUNDUL PACUL MERIAHKAN INDONESIA DAY DI UTREACH

     Zeynita Gibbons    
     London, 15/9 (Antara) - Lagu Gundul-gundul pacul dan  Cublak-Cublak Suweng yang dibawakan kelompok paduan suara pelajar SD-SMP-SMA Nasional I Bekasi, memeriahkan acara "Utrecht Indonesian Day" (UID)  diadakan pelajar Indonesia di Belanda yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Utrecht, akhir pekan.

          Kelompok paduan suara yang pernah meraih medali emas di ajang festival paduan suara di Cina juga membawakan lagu klasik seperti Edelweis menghibur sekitar 600 pengunjung acara Utreacht Indonesia Day 2015.

         Ketua panitia  UID 2015, Sarah Ervinda, kepada Antara London, Selasa menyebutkan acara "Utrecht Indonesian Day" (UID)  bertujuan memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat internasional yang berada di Provinsi Utrecht, Belanda.

         Acara "Utrecht Indonesian Day" (UID)   dikemas secara kreatif dengan mengangkat tema natural beauty of Indonesia,  Indonesian traditional culture,  Indonesian contemporary culture dan  acculturation between Indonesian and Dutch (western) culture dihadiri Kuasa Usaha Ad-Interim dari KBRI Den Haag, Ibnu Wahyutomo,  dan Dubes  Perwakilan  Indonesia untuk UNESCO Prof. Dr. T.A. Fauzi Soelaiman.

       Dalam sambutannya  Prof. T.A. Fauzi Soelaiman menekankan mengenai posisi Indonesia sebagai  negara yang kaya akan budaya dalam konteks internasional (UNESCO). Ia juga menjelaskan  mengenai peranan penting mahasiswa Indonesia di luar negeri sebagai duta budaya Indonesia.

          Acara Utrecht Indonesian Day, juga menampilkan  Nusantara Student Ensemble (NSE) yang membawakan lagu Rayuan Pulau Kelapa dengan dua vokalis bersuara tinggi yang merupakan mahasiswa konservatorium Utrecht: Ardelia dan Deasy.

         Syafri Bahar membacakan puisi mengenai perjuangan  kemerdekaan dan keindahan Kota Makassar. Seusai Puisi, penonton disuguhi dengan tari topeng yang dibawakan penari asal Utrecht, Kania Soeradjibdja.

          Alunan musik angklung dibawakan  warga Indonesia yang tergabung dalam Angklung Eindhoven membawakan lagu-lagu daerah Indonesia diantaranya Yamko Rambe Yamko dan Manuk Dadali.

           Acara Utreacht Indonesia Day juga diisi dengan presentasi Dr. Jan van Dullemen, alumni dari Universitas Utrecht yang menceritakan mengenai karya  arsitektur Belanda  di Indonesia dibangun selama masa Hindia-Belanda. (ZG)*****4******
(T.H-ZG/B/T. Subagyo/T. Subagyo) 15-09-2015 06:34:00

Tidak ada komentar: