Selasa, 01 September 2015

DUBES

Dubes Bangga Pentas Misi Kesenian Discover Indonesia
Selasa, 1 September 2015 07:06 WIB
Edinburgh 1/9 (Antara) - Dubes RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Hamzah Thayeb menyampaikan penghargaan dan merasa bangga dengan penampilan seniman Indonesia yang tergabung dalam Discover Indonesia yang tengah mentas di Edinburgh Fringe Festival.

Pentas di Edinburgh, Skotlandia 7-31 Agustus 2015 itu mendapat sambutan dan kehormatan dikunjungi Dubes Hamzah Thayeb beserta Ny Lastry Thayeb dan wakil Dubes Ibu Anita Luhulima beserta staff," ujar Menejer KanDe, Chairiyan Ramli kepada Antara London, Selasa.  

Dikatakannya kehadiran Dubes beserta rombongan dalam penampilan Musik KamDe asal Aceh memberikan arti , apalagi Dubes Hamzah Thayeb berasal dari daerah Aceh.

"Dubes Hamzah Thayeb memberikan apresiasi yang luar biasa," ujar Pak Yan, demikian Chairiyan Ramli sehari hari disapa anggota kelompok musik KanDe.  

Menurut Pak Yan, Dubes mengucapkan selamat sukses dan merasa terharu dan bangga dengan penampilan KanDe dan diharapkan akan bertemu lagi di dalam acara di London. 

Diakuinya, kehadiran Dubes Hamzah Thayeb beserta rombongan memberikan motivasi tersendiri.

" Kami sangat termotivasi dengan kedatangan beliau dan  merasa dikunjungi oleh orangtua yang sangat perhatian terhadap anak2nya," ujarnya.    

Selain menyaksikan pertunjukan musik KanDe, Dubes beserta Ny Lastry Thayeb dan Wakil Dubes Anita Luhulima, juga menyaksikan pertunjukkan Papermoon Puppet Theatre yang terinspirasi dengan peristiwa tahun 1965 di Indonesia.

Tiga grup kesenian Indonesia yaitu KanDe, yang mengusung musik rock-etnik dari Aceh, Papermoon Puppet Theatre,teater boneka kontemporer dari Jogja, dan Soerya Soemirat, sanggar tari klasik Jawa dari keraton Mangkunegaran Solo, melakukan UK National Tour 2015,  Discover Indonesia, program budaya yang diinisiasi British Council dan Kementerian Pariwisata RI.

Tim kesenian Indonesia ini melakukam pementas di gedung-gedung kesenian bergengsi di beberapa kota besar di tiga negara bagian Inggris. Selain di  Edinburgh, mereka tampil di London, Glasgow, dan Cardiff. 

Program UK National Tour 2015- Discover Indonesia ini diharapkan menjadi showcase seni budaya Indonesia yang dikurasi dan terbesar yang pernah diselenggarakan di Britania Raya, sekaligus sebagai bentuk perayaan 70 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam konferensi pers mengharapkan, program UK National Tour 2015-Discover Indonesia  akan berperan besar dalam mengangkat citra Indonesia sebagai negeri yang betul-betul Wonderful pada masyarakat Inggris dan dunia, bukan hanya keindahan alam tetapi juga kekayaan seni budaya yang unik dan beragam rupa.
  
Inggris salah satu pasar potensial pariwisata kita, karena itu menancapkan branding Wonderful Indonesia di publik Inggris menjadi sangat penting, kata Menpar Arief Yahya dalam jumpa pers program `UK National Tour 2015- Discover Indonesia¿ di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata.
 
Tim kesenian Indonesia merespons undangan dari beberapa pengelola festival dan gedung kesenian di Inggris yaitu C Venues Edinburgh-Inggris, Southbank Centre London-Inggris, Cryptic Glasgow-Skotlandia, Wales Millennium Centre Cardiff-Wales.

Tidak ada komentar: