Rabu, 30 September 2015

IWAPI

IWAPI DORONG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN INDONESIA DI INGGRIS

     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 26/9 (Antara) - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) mendorong pemberdayaan kaum perempuan asal Tanah Air yang berada di Inggris yang ingin melakukan usaha dalam upaya membantu perekonomian keluarga.

         Hal itu diungkapkan Ketua Bidang Luar Negeri DPP Iwapi Tatyana Sentani Sutara dalam pertemuan dengan para anggota dan pengurus Dharma Wanita Persatuan Kedutaan Besar Republik Indonesia London di ruang Crutacala KBRI di London, Jumat (25/9).

         Dalam acara pertemuan bulanan yang diikuti sekitar 50 anggota, Ketua Dharma Wanita Persatuan KBRI London, Ny Lastry Thayeb, memperkenalkan anggota yang baru bergabung dengan organisasi Dharma Wanita dan juga perpisahan dengan anggota yang akan kembali ke Indonesia.

         Dikatakannya dalam pertemuan anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI London, selalu diisi dengan berbagai pengetahuan seperti dalam pertemuan kali ini yang diisi pengurus Iwapi, organisasi yang  dibentuk oleh dua bersaudara Kemala Motik dan Dewi Motik.

         Dalam paparannya, Ny Tatyana Sentani Sutara mengatakan banyak pengusaha wanita yang sukses awalnya juga dari bawah, dengan membuka usaha kecil-kecilan, seperti yang dilakukan Dewi Motik, maupun Kemala Motik serta pengusaha kosmetika tradisional Mustika Ratu.

         Para perempuan pengusaha yang sukses itu dulunya juga hanya ibu rumah tangga yang ingin membantu perekonomian keluarga, ujar Tatyana Sentani Sutara yang juga Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Iwapi DKI Jakarta tersebut.

         Hal yang sama juga bisa dilakukan kaum perempuan Indoneska di Inggris yang punya peluang untuk membuka usaha seperti halnya pengusaha yang tergabung dalam UKM yang justru pada saat krisis, para pengusaha kecil dan menengah yang tetap bertahan.

         Untuk itu, Iwapi Pusat berupaya membantu para perempuan Indonesia di mana pun yang ingin membuka usaha dengan memberikan  pelatihan dan juga konsultasi, karena anggota dan pendiri organisasi ini dulunya juga diawali dengan usaha kecil-kecilan.

         "Mereka tidak 'ujuk-ujuk' menjadi pengusaha besar dan sukses seperti sekarang," ujar ibu satu putra yang ingin menuntut ilmu di Kerajaan Inggris. Selain itu Iwapi juga membantu dalam bidang promosi dan pemasaran berbagai produk hasil karya perempuan Indonesia.

         Menurut Ketua Diaspora Indonesia (Periuk) Cathy Paat, banyak sekali yang bisa dilakukan Iwapi bersama organisasi yang dipimpinnya dalam upaya pemberdayaan kaum perempuan, khususnya dalam upaya pemasaran berbagai produk.

         Cathy Paat yang sukses menggelar pameran bazar Indonesia di Festival Asia mengharapkan Periuk bisa menjalin kerja sama dengan Iwapi dan pengusaha wanita yang tergabung dalam UKM untuk juga bisa berpameran serta menjalin kerja sama dengan masyarakat Indonesia di UK untuk kelanjutannya di sini baik mencari buyer atau membuka toko.

         Banyak yang bisa dilakukan bersama antara UKM yang dibina oleh Iwapi dengan masyarakat Indonesia di UK dalam upaya mendapatkan keuntungan bersama serta membuka peluang promosi dan membantu masyarakat Indonesia di UK untuk berbisnis. Acara pertemuan pengurus dan anggota Dharma Wanita ditutup dengan acara makan bersama serta arisan bulanan dan trambola. ***4***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 26-09-2015 05:33:55

Tidak ada komentar: