Kamis, 22 Oktober 2015

BOOKFAIR

PPI DUKUNG INDONESIA DI "FRANKFURT BOOK FAIR"

     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 9/10 (Antara) - Para pelajar dari Tanah Air yang tergabung dalam PPI Ilmenau menggelar berbagai kegiatan dalam mendukung Indonesia yang menjadi tamu kehormatan di Frankfurt Book Fair 2015 di Frankfurt tanggal 14-18 Oktober ini.

         Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Ilmenau tidak ingin melewatkan kesempatan baik ini untuk turut mempromosikan Indonesia di Ilmenau dan Thüringen, demikian Ketua panitia kegiatan Mira Rochyadi-Reetz kepada Antara London, Jumat.

         Dikatakannya beberapa program telah disiapkan PPI Ilmenau untuk menghidupkan atmosfer "17000 Islands of Imagination" ke Ilmenau. Rangkaian kegiatan Frankfurter Buchmesse (FBM) di Ilmenau akan dipusatkan di perpustakaan kampus Technische Universität Ilmenau (TU Ilmenau) yang terletak di Leipnizbau, Langewiesener Strasse 37 Ilmenau.

         Rangkaian kegiatan FBM di Ilmenau ini terdiri dari tiga kegiatan yang akan dilaksanakan selama sembilan minggu, terdiri dari pameran, diskusi dan pemutaran film yang diselenggarakan di lobi perpustakaan TU Ilmenau, 15 Oktober mendatang.

         Ketua PPI Ilmenau, Kadek Dwi Cahaya Putra, menyebutkan kegiatan yang  dibuka Prof Heinrich Kern, kepala komisi kerja sama TU Ilmenau dengan Indonesia akan ditampilkan tarian tradisional nusantara yang dibawakan mahasiswa di Thüringen, dan hidangan ringan khas Indonesia.

         Program pertama FBM di Ilmenau dimulai dengan pameran mengenai Indonesia dari tanggal 15 Oktober hingga 17 Desember bertempat di lobi perpustakaan TU Ilmenau.

         Pameran selama sembilan minggu ini menampilkan berbagai poster tentang kondisi umum Indonesia, kerja sama erat antara Indonesia-Jerman dan beragam literatur dari Tanah Air yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman.

         Selain berbagai poster juga akan dipamerkan beragam barang kebudayaan Indonesia seperti kostum tradisional, alat kesenian, dan lain-lain. Salah satu keistimewaan pameran kali ini adalah adanya pojok baca yang menyediakan berbagai buku mengenai Indonesia, ujarnya.

         Pengunjung pameran dapat duduk santai dan membaca beragam buku mengenai Indonesia berbahasa Inggris dan Jerman. Dengan membaca buku-buku tentang Indonesia berbagai topik, diharapkan pengunjung semakin familiar dan memahami keragaman Indonesia.

         Program kedua seminar mengenai Indonesia bertajuk "Surprising Indonesia: discovering the new partner country of TU Ilmenau" dengan pembicara Deputy Chief of Mission, KBRI Jerman,Dr. Siswo Pramono dan Prof. Dr. Martin Löffelholz , guru besar ilmu media dan komunikasi, TU Ilmenau.

         Program ketiga pemutaran film Indonesia "Laskar Pelangi" 26 November bertempat di Veranstaltungsraum, Perpustakaan TU Ilmenau Selain menampilkan tema dan sinematografi yang menarik, film ini juga dipilih karena cerita yang ditulis Andrea Hirata bukunya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman tahun 2013.

         Rangkaian acara di Ilmenau  bertujuan tidak hanya mempromosikan Indonesia di Ilmenau, tapi juga mempromosikan kegiatan PPI Ilmenau di Jerman dan di Indonesia serta membantu suksesnya Indonesia sebagai tamu kehormatan di kegiatan Frankfurt Book Fair 2015. (ZG) ***4***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 09-10-2015 05:5

Tidak ada komentar: