Selasa, 06 Oktober 2015

BULGARIA

RI SERAHKAN SURAT PENUNJUKAN KONSUL KOTA VARNA
     Zeynita Gibbons

      London, 6/10 (Antara) -  Dubes RI Sofia, Bunyan Saptomo   menyerahkan Surat Tauliah dari Presiden Joko Widodo kepada Mr. Krasimir Simov, Konsul Kehormatan RI di Kota Varna, Bulgaria.

           Minister Councellor KBRI Sofia, Johannes O S Manginsela kepada Antara London, Selasa menyebutkan sebelumnnya surat Tauliah tersebut telah diserahkan kepada Kementerian Luar Negeri Bulgaria untuk mendapatkan surat pengakuan (exequatur).

           Dubes Bunyan Saptomo antara lain menyampaikan dalam sambutannya agar Konsul Kehormatan Indonesia yang baru dapat mendorong promosi Indonesia dibidang ekonomi, pariwisata dan sosial budaya di wilayah kerjanya  disamping peningkatan upaya perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia di wilayah tersebut.

             Konsul Kehormatan Indonesia yang baru ini memiliki wilayah kerja meliputi wilayah Varna dan Dobrich. Kota Varna Merupakan pusat pariwisata dan perdagangan serta kota pelabuhan (Port Hub) terpenting bagi Bulgaria di laut hitam.

               Pada saat ini Indonesia telah memiliki fasilitas Indonesia Business Showroom  yang dikelola oleh Mr. Simov di kota tersebut. IBS Varna menampilkan produk-produk furniture dan home decor Indonesia, dan masih terbuka kesempatan bagi para pengusaha Indonesia untuk menampilkan produk lainnya di IBS Varna.

              Kota Varna juga menjalin kerjasama kota kembar dengan kota Surabaya. Disamping itu dibidang pendidikan, tiga universitas di kota tersebut telah menjalin kerjasama dengan universitas di Indonesia seperti kerjasama antara Medical University of Varna dengan Universitas Airlangga Surabaya.

             Trend perkembangan perdangangan Indonesia Bulgaria mengalami peningkatan yang cukup positif dengan angka rata-rata kenaikan sebesar 11 persen dalam tiga tahun terakhir.  Sebagai port hub, kota Varna memiliki peran penting dalam perekonomian Bulgaria.

    (ZG) ***2****

(T.H-ZG/C/M. Yusuf/M. Yusuf) 06-10-2015 04:55:02

Tidak ada komentar: