Selasa, 06 Oktober 2015

HUNGARIA

TIM SEPEDA INDONESIA MENJELAJAHI NEGARA HUNGARIA
     Zeynita Gibbons

       Budapest, 6/10 (Antara) - Promosi Indonesia agar lebih dikenal di mancanegara dilakukan KBRI Budapest bekerja sama dengan  Gerakan Kebaikan Indonesia (GKI) dan Tim Bersepeda Indonesia dari perkumpulan NGU (Never Give up) di Budapest.

            Hal itu diungkapkan Duta Besar RI untuk Hungaria, Wening Esthyprobo dalam sambutannya sebelum melepas secara resmi kegiatan Go-West dari Heroe's Square-Budapest (Hungaria) menuju Esztergom, kota perbatasan dengan negara Slovakia sejauh  75 km.

            Pensosbud KBRI Budapest, Yudhi Gunawan kepada Antara London, Selasa mengatakan kegiatan yang dilaksanakan  mulai pagi hari yang cerah diawali senam Gemu Fa Mi Re dari daerah Kupang, Nusa Tenggara Timur yang mendapat sambutan  luar biasa dari masyarakat Hungaria dan juga para wisatawan mancanegara yang sedang berkunjung ke Icon, Hungaria tersebut.

            Bahkan beberapa diantara dari mereka ikut bergabung menari Gemu Fa Mi Re.

             Dikatakannya Dubes Wening tidak hanya melepas tim bersepeda NGU akan tetapi ikut juga menggowes sepedanya yang memiliki keunikan tersendiri yaitu secara otomatis dapat melakukan perpindahan gigi tergantung dari kecepatannya.

             Selain itu masyarakat Indonesia di Hungaria dan staf KBRI ikut berpartisipasi menemani Tim GNU bersepeda membelah kota-kota wisata di Hungaria diantaranya kota Szentendre yang terkenal dengan Skanzennya atau open air ethnographic museum disamping sebagai river city of Hungary.

             Kota Visegrad yang memiliki arti penting dalam politik Uni Eropa sebagai kota cikal bakal dari terlahirnya Visegrad 4 (V4) selain terkenal dengan kastilnya.

            Kegiatan tersebut mendapatkan pengawal penuh dari pihak kepolisian  Hungaria dan escort service khusus untuk kegiatan bersepeda.
       Dalam perjalanan dari Budapest ke Esztergom, tim bersepeda mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari masyarakat Hungaria, bahkan ketika berpapasan dengan para pesepeda dari Hungaria mereka saling menyapa dengan ramahnya dan kagum atas itikad dan usaha tersebut.

            Di atas jembatan Maria Valeria, di kota Esztergom, tepatnya di area perbatasan antara Hungaria dan Slovakia, Dubes  Wening Esthyprobo melepas secara resmi tim bersepeda GNU berjumlah 10 pesepeda yang digawangi  Lio Kurniawan untuk melanjutkan misinya bersepeda ke wilayah negara-negara di Eropa Barat lainnya.

            Bahkan di perbatasan 20 kilometer memasuki kota  Bratislava Dubes RI di Slowakia Djumantoro Purpo menyambut tim  NGU  dan ikut bersepeda menyusuri kota Bratislava.

            "Sambutan yang luar biasa dan kami sangat senang dan bangga bisa ikut mempromosikan Indonesia dengan bersepeda," ujar Lio Kurniawan menambahkan bahwa perjalanan bersepeda di awali dari Warsawa di Polandia.

    (ZG) ***4**(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 06-10-2015 04:03:19

Tidak ada komentar: