Kamis, 22 Oktober 2015

SPANYOL

RI-SPANYOL TINGKATKAN KERJA SAMA TANGGULANGI TERORISME
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 21/10 (Antara) - Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Spanyol sepakat meningkatkan kerja sama penanggulangan terorisme dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang menjadi  dasar hukum dalam memerangi terorisme.

         Penandatanganan MOU dilakukan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI Saud Usman Nasution, dan Sekretaris Negara Bidang Keamanan Kerajaan Spanyol, (CITCO) Francisco Martínez Vázquez  di Pusat Intelijen Penanggulangan Terorisme dan Kejahatan Terorganisir di Madrid, demikian keterangan Kedutaan Besar RI Madrid yang diterima Antara London, Rabu.

         Acara penandatangan disaksikan Dubes  RI di Madrid, Yuli Mumpuni Widarso dan Direktur Centro de Inteligencia contra el Terrorismo y el Crimen Organizado - (CITCO) Jose Luis Olivera.

        Momen itu bersejarah bagi kedua pihak  mengingat Indonesia dan Spanyol sama-sama menjadi korban aksi terorisme.

        Nota Kesepahaman tersebut menyepakati kerja sama dalam hal saling bertukar informasi intelijen dan informasi strategis organisasi teroris dan tren kejahatan yang berkembang di kedua Negara.

         Kedua pihak juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama antara aparat keamanan dan penegak hukum kedua negara dan saling bertukar pengalaman dalam penanggulangan terorisme dan  kekerasan radikalisme.

         Sekretaris Negara Francisco Martinez Vázquez menyatakan terorisme merupakan musuh masyarakat internasional karena telah menyengsarakan korban yang tak berdosa.

         Seluruh masyarakat internasional mempunyai tanggung jawab untuk menghadapinya, ujarnya.

        Oleh karena itu Spanyol dan Indonesia sebagai anggota masyarakat internasional mempunyai komitmen tinggi dan berpengalaman dalam penggulangan terorisme, katanya.

         Dia berharap kerja sama bilateral ini akan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi upaya internasional dalam penanggulangan terorisme.

         Pemerintah Spanyol menghargai Pemerintah Indonesia yang senantiasa terbuka kepada semua pihak  yang ingin meningkatkan kerja sama dalam penanggulangan terorisme.

         Bagi Spanyol  sebagai korban aksi terorisme, upaya memerangi terorisme merupakan salah satu pilar penting kebijakan Pemerintah Spanyol untuk menjamin terciptanya keamanan nasional dan internasional.

        Sementara itu Kepala BNPT Saud Usman Nasution  menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Spanyol yang mempunyai inisiatif untuk memperkuat kerja sama internasional dan regional dalam penanggulangan terorisme.

    ***2***  
(T.H-ZG/C/Santoso/Santoso) 21-10-2015 21:48:05

Tidak ada komentar: